KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL LEARNING CYCLE 7E (LC7E) SERTA INTEGRASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN REGULASI DIRI DAN KREATIVITAS SISWA (Studi Pembelajaran Biologi pada Materi Fungi Kelas X Semester 1 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014)

Kusumawati, Ratna Dewi (2014) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL LEARNING CYCLE 7E (LC7E) SERTA INTEGRASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN REGULASI DIRI DAN KREATIVITAS SISWA (Studi Pembelajaran Biologi pada Materi Fungi Kelas X Semester 1 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (739Kb) | Preview

    Abstract

    Ratna Dewi Kusumawati, 2014. Keefektifan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Learning Cycle Model 7E (LC7E) serta Integrasinya Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Regulasi Diri dan Kreativitas Siswa. TESIS. Pembimbing I: Dr. Suciati Sudarisman, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Maridi, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran (PBL, LC7E, integrasi PBL dengan LC7E) terhadap hasil belajar; (2) pengaruh kemampuan regulasi diri tinggi dan rendah terhadap hasil belajar; (3) pengaruh kreativitas tinggi dan rendah terhadap hasil belajar; (4) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan regulasi diri terhadap hasil belajar; (5) interaksi model pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar; (6) interaksi antara kemampuan regulasi diri dengan kreativitas terhadap hasil belajar; (7) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan regulasi diri dan kreativitas belajar siswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 3x2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Sains SMA Negeri 2 Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling terdiri dari tiga kelas. Kelas eksperimen I diberi perlakuan menggunakan model PBL, kelas eksperimen II menggunakan model LC7E, kelas eksperimen III menggunakan integrasi model PBL dengan LC7E. Teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar kognitif. Teknik non-tes berupa angket untuk data kemampuan regulasi diri, kreativitas, aspek psikomotor, aspek afektif dan lembar observasi untuk aspek afektif dan aspek psikomotor. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava tiga jalan dengan bantuan software SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh antara model pembelajaran (PBL, LC7E, integrasi PBL dengan LC7E) terhadap hasil belajar kognitif, afektif, psikomotorik; (2) ada pengaruh antara kemampuan regulasi diri terhadap hasil belajar kognitif; (3) ada pengaruh antara kreativitas terhadap hasil belajar kognitif dan afektif; (4) tidak ada interaksi antara model pembelajaran PBL, model LC7E, model integrasi PBL dan LC7E dengan kemampuan regulasi diri terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik; (5) tidak ada interaksi antara model pembelajaran PBL, model LC7E, model integrasi PBL dan LC7E dengan kreativitas terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik; (6) tidak ada interaksi antara kemampuan regulasi diri dengan kreativitas terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik; (7) tidak ada interaksi antara model pembelajaran PBL, model LC7E, model integrasi PBL dan LC7E dengan kemampuan regulasi diri dan kreativitas terhadap hasil belajar kognitif, afektif, psikomotorik. Kata kunci: Problem Based Learning, Learning Cycle Model 7E, kemampuan regulasi diri, kreativitas

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 06 Oct 2015 00:14
    Last Modified: 06 Oct 2015 00:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20679

    Actions (login required)

    View Item