POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK

PURBOLAKSITO, DEDY (2015) POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (103Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan : 1) Mengetahui pola komunikasi keluarga yang dilakukan oleh orangtua tentang nilai-nilai pendidikan karakter pada Keluarga Jawa di Kelurahan Sangkrah Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta. 2) Mengetahui pemahaman anak tentang pendidikan karekter pada Keluarga Jawa di Kelurahan Sangkrah Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta. 3) Mengetahui penerapan nilai-nilai pendidikan karakter oleh anak pada Keluarga Jawa di Kelurahan Sangkrah Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta. 4) Mengetahui hambatan-hambatan internal dan eksternal bagi orangtua dalam memberikan pendidikan karakter pada Keluarga Jawa di Kelurahan Sangkrah Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, sumber data menggunakan informan atau narasumber. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Validitas data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif (model saling terjalin). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Pola komunikasi yang dilakukan oleh orangtua tentang nilai-nilai pendidikan karakter pada Keluarga Jawa di Kelurahan Sangkrah Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta menggunakan pola komunikasi persamaan (equality pattern) dan pola komunikasi seimbang terpisah (balance split pattern). Dalam pola komunikasi persamaan komunikasi yang terjadi dalam keluarga tidak terdapat kekakuan dan formalitas di dalam keluarga tersebut, sehingga antara anggota keluarga dapat melakukan komunikasi dari hati ke hati secara dialogis dalam berbagai kondisi dan situasi dengan santai dan penuh keterbukaan serta keakraban. Sedangkan pola komunikasi seimbang terpisah dilakukan dengan masing-masing suami dan istri memegang kontrol atau kekuasaan dalam bidangnya masing-masing, yaitu suami dipercaya untuk bekerja/mencari nafkah untuk keluarga dan istri mengurus anak dan mendidik anak-anaknya. 2) Pemahaman anak tentang pendidikan karekter pada Keluarga Jawa di Kelurahan Sangkrah Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap anak memiliki pemahaman yang baik tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang diberikan oleh orangtua, baik nilai kejujuran, pendidikan relegius, tanggung jawab, peduli sosial dan kedisiplinan. 3) Penerapan nilai-nilai pendidikan karakter oleh anak pada Keluarga Jawa di Kelurahan Sangkrah Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian anak belum mampu menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter yang diajarkan oleh orangtuanya secara optimal. Di mana dari hasil penelitian masih ada beberapa anak yang masih berbohong atau tidak berbicara jujur. 4) Hambatan-hambatan bagi orangtua dalam memberikan pendidikan karakter yaitu hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal berupa kurang intensitasnya komunikasi dalam keluarga disebabkan kesibukan orang tua yang bekerja, dan kurang harmonisnya hubungan dalam keluarga. Sedangkan hambatan eksternal berupa pengaruh teknologi informasi dan pengaruh lingkungan sosial masyarakat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 05 Oct 2015 22:59
    Last Modified: 05 Oct 2015 22:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20675

    Actions (login required)

    View Item