UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BOLAVOLI MELALUI METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS VII A DAN VII C SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Murwanto, Hilal Farda (2014) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BOLAVOLI MELALUI METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS VII A DAN VII C SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (91Kb) | Preview

    Abstract

    Hilal Farda Murwanto.UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BOLAVOLI MELALUI METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS VII A dan VII C SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2014. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar passing bolavoli melalui metode bermain pada siswa kelas VII A dan VIIC SMP Islam Diponegoro Surakarta tahun ajaran 2014/2015 melalui metode bermain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII C SMP Islam Diponegoro Surakarta yang berjumlah 42 siswa yang semua terdiri dari siswa putra. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru ,siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar passing bolavoli. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar belajar passing bolavoli dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar passing bolavoli siswa pada Siklus I dari 42 siswa mencapai 64,28 % atau sebanyak 27 siswa sudah masuk kriteria tuntas untuk passing bawah dan 66,67% atau sebanyak 28 siswa sudah masuk kriteria tuntas untuk passing atas. Pada Siklus II meningkat mencapai 88,10 % atau sebanyak 37 siswa tuntas untuk passing bawah, sedangkan 5 siswa lainnya belum. Dan meningkat mencapai 85,70% atau sebanyak 36 siswa tuntas untuk passing atas sedangkan 6 siswa lainya belum tuntas dengan KKM 2,66. Pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II menimbulkan terjadinya proses pembelajaran yang aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga dapat mendukung terjadinya suatu pembelajaran yang berkualitas. Simpulan penelitian ini adalah melalui metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing bolavoli pada siswa kelas VII A dan VII C SMP Islam Diponegoro Surakarta TahunAjaran 2014/2015. Kata Kunci :hasil belajar, passing bolavoli, metode bermain.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 06 Oct 2015 08:17
    Last Modified: 06 Oct 2015 08:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20670

    Actions (login required)

    View Item