PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI IPS Semester II SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2013/2014)

AZHARI, PEBRIAN RULLY (2014) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI IPS Semester II SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2013/2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (98Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap prestasi belajar Akuntansi pada peserta didik kelas XI IPS Semester II SMA Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan dengan metode Quasi Experimental. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 113 siswa yang terbagi dalam empat kelas. Sampel dua kelas diambil secara acak, kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Hasil uji keseimbangan prestasi belajar akuntansi awal menunjukkan bahwa kemampuan siswa kedua kelas dinyatakan sama. Siswa kelas eksperimen diberi perlakuan reward dan punishment selama pembelajaran, sedangkan siswa kelas kontrol tidak diberi reward dan punishment selama pembelajaran. Parameter hasil eksperimen berupa prestasi belajar akuntansi diukur dengan tes berbentuk tes pilihan ganda yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik independent samples t test. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar akuntansi yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (thitung = 2,301 > ttabel = 2,006). Siswa kelas eksperimen memiliki prestasi belajar akuntansi yg lebih tinggi (rata-rata skor = 69,82) dibanding kelas kontrol (rata-rata skor = 63,52). Kata kunci: reward dan punishment, prestasi belajar akuntansi,

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 05 Oct 2015 21:38
    Last Modified: 05 Oct 2015 21:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20668

    Actions (login required)

    View Item