PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN ANIMASI FLASH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN ANALISIS MATERI POKOK HIDROKARBON SISWA KELAS X-1 SEMESTER GENAP SMA NEGERI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SUKMAWATI, PATRIA (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN ANIMASI FLASH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN ANALISIS MATERI POKOK HIDROKARBON SISWA KELAS X-1 SEMESTER GENAP SMA NEGERI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (231Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon menggunakan model pembelajaran problem solving berbantuan animasi flash, (2) meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi hidrokarbon menggunakan model pembelajaran problem solving berbantuan animasi flash. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap persiapan, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-1 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2013/201. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang berupa tes kognitif dan kemampuan analisis, dan teknik non tes yang berupa angket afektif dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Problem Solving berbantuan animasi flash dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon. Dalam penelitian ini prestasi belajar mencakup dua aspek yaitu kognitif dan afektif. Persentase prestasi belajar kognitif pada siklus I sebesar 36,11 % meningkat menjadi 77,78 % pada siklus II. Persentase prestasi belajar afektif pada siklus I adalah 83,42 % dan cenderung stabil pada siklus II sebesar 83,44 %, (2) Penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan animasi flash dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa dalam materi hidrokarbon. Pada siklus I persentase kemampuan analisis tinggi siswa adalah 41,67 % meningkat menjadi 75 % pada siklus II. Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, problem solving, kemampuan analisis, hidrokarbon, animasi flash.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 05 Oct 2015 21:38
    Last Modified: 05 Oct 2015 21:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20667

    Actions (login required)

    View Item