PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU IM3 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Angkatan Tahun 2011-2013)

Brama, Jalu Arya (2014) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU IM3 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Angkatan Tahun 2011-2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (98Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh yang signifikan secara simultan antara bauran pemasaran (produk, harga, distribusi dan promosi) terhadap keputusan pembelian kartu IM3. (2) ada tidaknya pengaruh yang signifikan secara parsial antara bauran pemasaran (produk, harga, distribusi dan promosi) terhadap keputusan pembelian kartu IM3. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret angkatan 2011 -2013 yang menggunakan kartu IM3. Pada penelitian ini besarnya jumlah sampel ditentukan sebanyak 197 responden. Tryout yang dilakukan terhadap 30 responden di dalam dan di luar populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dengan memberikan kuesioner kepada responden. Uji prasyarat analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, autokorelasi, dan linearitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara simultan antara variabel bauran pemasaran (produk, harga, distribusi dan promosi) terhadap keputusan pembelian kartu IM3. Hal ini dibuktikan dari hasil uji F diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000. (2) hasil perhitungan data untuk variabel produk memiliki tingkat signifikansi 0,000, variabel harga memiliki tingkat signifikansi 0,000, variabel distribusi memiliki tingkat signifikansi 0,002 dan variabel promosi memiliki tingkat signifikansi maka dapat disimpulkan bahwa variabel produk, harga, distribusi dan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian kartu IM3. (3) Berdasarkan hasil perhitungan data nilai Adjusted R Square sebesar 0,596 sehingga dapat diartikan bahwa 59,6% keputusan pembelian kartu IM3 dipengaruhi oleh produk, harga, distribusi, dan promosi. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 05 Oct 2015 19:15
    Last Modified: 05 Oct 2015 19:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20666

    Actions (login required)

    View Item