IMPLEMENTASI BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KELANCARAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD NEGERI II KEDUNGGUPIT KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2012/ 2013

DEWI, PARAMITA RUSDIANA (2013) IMPLEMENTASI BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KELANCARAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD NEGERI II KEDUNGGUPIT KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2012/ 2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (492Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui bagaimana model pengelolaan administrasi dana BOS di SD Negeri II Kedunggupit Kabupaten Wonogiri, (2) Mengetahui bagaimana implementasi penggunaan dana BOS di SD Negeri II Kedunggupit Kabupaten Wonogiri tahun 2012/ 2013, (3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam penggunaan dana BOS serta cara mengatasinya, (4) Memperoleh kejelasan tentang manfaat penggunaan dana BOS bagi pelaksanaan proses belajar mengajar di SD Negeri II Kedunggupit Kabupaten Wonogiri tahun 2012/ 2013. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode diskriptif. Strategi penelitian menggunakan strategi tunggal terpancang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive snowball sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif dimana reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan saling berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pengelolaan administrasi dana BOS di SD Negeri II Kedunggupit menggunakan sistem aplikasi TRIMS (Tool for Reporting and Information Management by Schools) atau aplikasi pelaporan dan manajemen informasi sekolah. (2) Implementasi dana BOS di SD Negeri II Kedunggupit digunakan untuk membantu siswa kurang mampu dan mencukupi sarana prasarana serta kebutuhan sekolah. (3) Kendala yang dihadapi dalam pengelolaan dana BOS yaitu: (a) Keterlambatan waktu dalam pencairan dana BOS. (b) Keterlambatan sosialisasi. (c) Kerumitan dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban. (d) Anggapan masyarakat mengenai dana BOS yang masih dianggap sekolah gratis. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu (a) Meminjam sementara dari anggaran lain. (b) Memberitahukan pihak terkait mengenai keterlambatan sosialisasi ke sekolah. (c) Berkonsultasi dan berdiskusi dengan kepala sekolah maupun dengan rekan. (d) Memberikan penjelasan kepada orang tua/ wali murid dan masyarakat. (4) Manfaat penggunaan dana BOS Bagi Kelancaran Proses Belajar Mengajar di SD Negeri II Kedunggupit yaitu: (a) Meringankan biaya sekolah orang tua siswa. (b) Memenuhi kebutuhan sarana prasarana belajar. (c) Pembayaran honorarium bulanan guru honorer dan tenaga kependidikan honorer. (d) Pengembangan profesi guru. (e) Perbaikan atau rehab gedung ringan. (f) Pembiayaan transportasi dan akomodasi siswa dan guru untuk mengikuti lomba. (g) Pembayaran langganan daya dan jasa seperti listrik, air, dan vii telepon. (h) Pembelajaran dan ekstra kurikuler siswa. (i) Pembiayaan kegiatan dalam rangka penerimaan siswa baru. (j) Pembiayaan ulangan harian dan umum, ujian sekolah dan laporan hasil belajar siswa. (k) Dapat meningkatkan mutu pelayanan pendidikan agar menjadi lebih baik. Kata kunci: implementasi, bantuan operasional sekolah, proses belajar mengajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 05 Oct 2015 19:17
    Last Modified: 05 Oct 2015 19:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20657

    Actions (login required)

    View Item