KONSEP PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PERPUSTAKAAN ANAK DI SURAKARTA DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR

Oktora, Iyud Ditta and Purnomo, MDE and Hardiana, Ana (2014) KONSEP PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PERPUSTAKAAN ANAK DI SURAKARTA DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (97Kb) | Preview

    Abstract

    Keberadaan perpustakaan anak di Kota Surakarta dapat menjadi salah satu fasilitas penunjang pendidikan formal yang mampu meningkatkan minat baca anak dan mampu mendukung usaha Pemerintah Kota Surakarta dalam menumbuhkan minat baca pada masyarakat sejak usia dini. Tujuan perancangan ini adalah memperoleh desain perpustakaan anak sebagai wadah untuk meningkatkan minat baca pada anak-anak di Kota Surakarta dengan menggunakan psikologi arsitektur sebagai pendekatan desain. Persoalan yang muncul adalah engaplikasikan prinsip psikologi arsitektur dalam desain perpustakaan anak. Dalam penelitian ini dilakukan kajian untuk memperoleh aplikasi prinsip-prinsip psikologi arsitektur bagi perpustakaan anak di Surakarta yang memberikan pengaruh terbaik, secara psikologis, bagi anak sebagai pengguna utama bangunan. Hasil yang diperoleh adalah desain bangunan perpustakaan anak yang menyesuaikan karakteristik anak dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip psikologi arsitektur pada eksterior dan interior bangunan sehingga tercipta suasana perpustakaan anak yang menarik, menyenangkan, dan nyaman. Kata Kunci: Perpustakaan Anak, Psikologi Arsitektur

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    L Education > L Education (General)
    T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 05 Oct 2015 18:16
    Last Modified: 05 Oct 2015 18:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20655

    Actions (login required)

    View Item