UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LEMPAR TANGKAP BOLADALAM PERMAINAN ROUNDERS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KLUMPRIT 03 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2013/2014

Wibowo, Iwan Setyo (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LEMPAR TANGKAP BOLADALAM PERMAINAN ROUNDERS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KLUMPRIT 03 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (107Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Klumprit 03 Mojolaban Sukoharjo yang berjumlah 26 Siswa yang terdiri dari 13 siswa putra dan 13 siswa putri. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lempar tangkap bola dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Diperoleh peningkatan yang signifikan dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil tes unjuk kerja dari studi awal, dari 26 siswa yang awalnya siswa mendapatkan ketuntasan 8 siswa 30,77 % dan belum tuntas 18 siswa 69,23%. Pada siklus I, hasil belajar gerak dasar lempar tangkap bola siswa mencapai 57,69% atau sebanyak 15 siswa dari 26 siswa telah masuk kriteria tuntas. Pada hasil belajar siswa meningkat mencapai 84,62% atau sebanyak 22 siswa dari 26 siswa telah mencapai kriteria tuntas sedangkan 4 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 75. Pada pelaksanaan Siklus I hasil belajar gerak dasar lempar tangkap bola meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan hasil belajar gerak dasar lempar tangkap bola meningkat menjadi lebih baik dan tercipta proses pembelajaran yang lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga bisa mendukung suatu proses pembelajaran yang berkualitas. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lempar tangkap bola pada siswa kelas V SD Negeri Klumprit 03 Mojolaban Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014. Kata Kunci: hasil belajar, gerak dasar lempar tangkap bola, rounders, pendekatan bermain

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 05 Oct 2015 18:10
    Last Modified: 05 Oct 2015 18:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20654

    Actions (login required)

    View Item