Motivasi Penggunaan Media Online & Tingkat Kepuasan(Studi Hubungan Antara Motivasi Penggunaan Media Online Detik.com Terhadap Tingkat Kepuasan Untuk Pemenuhan Kebutuhan Informasi Berita Olahraga di Kalangan Siswa Laki-laki SMA Negeri 1 Karanganom Kabupaten Klaten Tahun 2014)

Budi, Iwan Setyo (2014) Motivasi Penggunaan Media Online & Tingkat Kepuasan(Studi Hubungan Antara Motivasi Penggunaan Media Online Detik.com Terhadap Tingkat Kepuasan Untuk Pemenuhan Kebutuhan Informasi Berita Olahraga di Kalangan Siswa Laki-laki SMA Negeri 1 Karanganom Kabupaten Klaten Tahun 2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (106Kb) | Preview

    Abstract

    Detik.com ialah sebuah portal web yang berisi tentang berbagai jenis berita nasional maupun internasional. Salah satu jenis berita yang di informasikan oleh detik.com yaitu berita olahraga. Olahraga merupakan sebuah bahan yang memiliki celah untuk dibuat tulisan dan liputan jurnalistiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan pola konsumsi terhadap tingkat kepuasan untuk pemenuhan kebutuhan informasi olahraga di kalangan siswa lakilaki SMA Negeri 1 Karanganom Kabupaten Klaten tahun 2014. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications yang dikembangkan oleh palmgreen, kepuasan yang anda cari dari media ditentukan oleh sikap anda terhadap media. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian korelasi explanatory research kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa/pelajar laki-laki di SMA N 1 Karanganom. Besaran sampel yang digunakan yaitu 78 orang responden dari total populasi yaitu 346 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik Purposive sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Rank Kendall. Dari hasil analisis korelasi Rank Kendall diperoleh hasil bahwa hubungan antara motivasi dan pola konsumsi terhadap tingkat kepuasan untuk pemenuhan kebutuhan informasi olahraga di kalangan siswa laki-laki SMA Negeri 1 Karanganom Kabupaten Klaten tahun 2014 adalah hubungan signifikan yang kuat. Hal ini ditandai dengan nilai koefisien korelasi antara ketiga variabel yaitu variabel independen (x) motivasi, variabel kontrol (z) pola konsumsi dan variabel dependen (y) tingkat kepuasan sebesar 0,610 dengan nilai probabilitas 0.00 signifikan 0,01 (2 tailed). Nilai tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi pola konsumsi berita olahraga detik.com maka tingkat kepuasan juga akan semakin tinggi yang dipengaruhi oleh motivasi yang tinggi pula dari Siswa laki-laki SMA Negeri 1 Karanganom.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 05 Oct 2015 18:02
    Last Modified: 05 Oct 2015 18:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20653

    Actions (login required)

    View Item