TINJAUAN ARGUMENTASI HUKUM HAKIM PENGADILAN MILITER II - 11 YOGYAKARTA MEMBEBASKAN TERDAKWA DARI DAKWAAN ODITUR MILITER DALAM PERKARA PENIPUAN

Setyanawati, Yossy (2015) TINJAUAN ARGUMENTASI HUKUM HAKIM PENGADILAN MILITER II - 11 YOGYAKARTA MEMBEBASKAN TERDAKWA DARI DAKWAAN ODITUR MILITER DALAM PERKARA PENIPUAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (717Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK YOSSY SETYANAWATI . E0011340. 2015. TINJAUAN ARGUMENTASI HUKUM HAKIM PENGADILAN MILITER II - 11 YOGYAKARTA MEMBEBASKAN TERDAKWA DARI DAKWAAN ODITUR MILITER DALAM PERKARA PENIPUA N (Studi Putusan Nomor: 55 - K/P M I I - 11/A D /V II /2013). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah argumentasi hukum / pertimbangan hakim Pengadilan Militer II - 11 Yogyakarta dalam memberikan putusan b ebas terhadap terdakwa Adi Widayat dalam perkara penipuan telah sesuai dengan Undang - Undang Peradilan Militer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum doktrinal atau penelitian hukum normatif, dengan pendekatan kasus (case approach) karena dila kukan dengan cara menelaah ratio decidendi dimana alasan - alasan hukum yang digunakan oleh hakim untuk sampai kepada putusannya. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, dengan teknik analisis bahan hukum menggun akan metode deduksi silogisme runtuk menguraikan dan memecahkan permasalahan yang diteliti berdasarkan data - data yang telah dikumpulkan dengan cara penarikan premis mayor, penarikan premis minor dan conlusion atau kesimpulan. Dalam kasus ini, Terdakwa Kop da Adi Widayat dalam menjalankan tugasnya sebagai anggota TNI telah melakukan tindak pidana. Dalam dakwaannya, Oditur Militer mendakwa terdakwa dengan Pasal 378 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) KUHP yaitu secara bersama - sama melakukan penipuan, dan diancam dengan pidana penjara selama sepuluh bulan. Namun dalam Putusannya, hakim menjatuhkan putusan bebas kepada terdakwa, putusan bebas dalam hal ini berarti terdakwa dijatuhi hukuman bebas atau dinyatakan bebas dari tuntutan hukum ( vrijspraak ). Dalam hal ini agument asi hukum hakim / pertimbangan Hakim berperan dalam menentukan putusan yang akan dijatuhkan bagi terdakwa, untuk itu dengan menimbang unsu - unsur yang ada dalam pasal yang didakwakan pada Terdakwa, dan terpenuhi tidaknya unsur yang ada dalam Pasal 378 KUHP maka Hakim menjatuhkan putusan bebas bagi Terdakwa. Kata kunci: putusan bebas, TNI, penipuan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 07 Oct 2015 11:06
    Last Modified: 07 Oct 2015 11:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20647

    Actions (login required)

    View Item