“KEGIATAN HUMAS DINAS KESEHATAN KOTA SURAKARTA PADA PROGRAM PEMELIHARAAN KESEHATAN MASYARAKAT SURAKARTA” (Studi Analisis Deskriptif tentang Kegiatan Humas Program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta periode 2008-2013)

Ratna , Paramitha (2014) “KEGIATAN HUMAS DINAS KESEHATAN KOTA SURAKARTA PADA PROGRAM PEMELIHARAAN KESEHATAN MASYARAKAT SURAKARTA” (Studi Analisis Deskriptif tentang Kegiatan Humas Program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta periode 2008-2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1447Kb) | Preview

    Abstract

    Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) merupakan program pemerintah Kota Surakarta yang dibentuk pada 2 Januari 2008 berupa bantuan pengobatan yang meliputi upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif untuk masyarakat Kota Surakarta yang belum memiliki jaminan atau asuransi kesehatan. Oleh karena itu dibutuhkan kegiatan komunikasi oleh Humas pemerintah untuk menginformasikan mengenai program kesehatan yang bersikap positif ini. Penelitian ini berusaha mengkaji kegiatan – kegiatan komunikasi apa saja yang sudah dilakukan Humas. Pihak Dinas Kesehatan Kota (DKK) dan Puskesmas dalam menyebarkan informasi mengenai program PKMS serta untuk mengetahui hambatan yang muncul pada saat pelaksanaan sosialisasi program PKMS. Humas menurut Glenn Griswold dan Denny Griswold merupakan fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur individual dan organisasi yang punya kepentingan public, serta merencanakan dan melaksanakan program aksi dalam rangka mendapatkan pemahaman dan penerimaan public. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analisis.Pengumpulan data empirps dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan studi pustaka. Metode purposive sampling digunakan untuk memilih para informan yang terdiri dari 4 empat penanggung jawab dari pihak DKK, satu staf Puskesmas Gajahan, satu staf Puskesmas Gambirsari dan dua puluh masyarakat penerima layanan PKMS. Validitas data diuji melalui teknik triangulasi sumber dan analisa data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh DKK Surakarta dalam menyebarkan informasi mengenai program PKMS dengan menggunakan beberapa tahapan, yaitu: pertama,membuat perencanaan; kedua, melaksanaan kegiatan sesuai dengan perencanaan; ketiga, melakukan evaluasi. Hambatan yang muncul pada kegiatan tersebut berasal dari pihak internal yang terdiri atas staf DKK Surakarta dan Puskesmas.serta berasal dari pihak eksternal yaitu Masyarakat Kota Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 05 Oct 2015 17:36
    Last Modified: 05 Oct 2015 17:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20646

    Actions (login required)

    View Item