PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY DISERTAI MIND MAP UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN SISWA

Listiani, Iva Yuni (2014) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY DISERTAI MIND MAP UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN SISWA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (179Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui: 1) prosedur pengembangan modul pembelajaran berbasis Science Technology Society (STS) disertai Mind Map (MM) untuk memberdayakan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan kemampuan menyimpulkan siswa SMA Negeri 7 Surakarta; 2) kelayakan modul pembelajaran berbasis STS disertai MM untuk memberdayakan KPS dan kemampuan menyimpulkan siswa SMA Negeri 7 Surakarta; 3) efektivitas modul pembelajaran berbasis STS disertai MM untuk memberdayakan KPS dan kemampuan menyimpulkan siswa SMA Negeri 7 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) atau disebut dengan penelitian R&D yang mengacu pada Borg & Gall yang sudah dimodifikasi. Sampel penelitian pengembangan meliputi: 1) Sampel uji coba lapangan awal sejumlah 6 validator; 2) Sampel uji coba lapangan utama sejumlah 10 siswa Kelas X Semester Genap di SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014 dan sampel uji coba lapangan operasional sejumlah 27 siswa Kelas X Semester Genap di SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan adalah angket, lembar observasi, wawancara dan tes. Uji coba lapangan operasional menggunakan one group pretest-posstest design. Data KPS dan kemampuan menganalisis diuji dengan uji Paired sampel t test dan dihitung dengan Ngain. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan: 1) modul pembelajaran berbasis STS disertai MM dikembangkan menggunakan model pengembangan Borg & Gall melalui tahapan research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revisison, main field testing, operational product revision, operational field testing, final product revision, dan dissemination and implementation; 2) kelayakan modul pembelajaran berbasis STS disertai MM untuk memberdayakan KPS dan kemampuan menyimpulkan siswa SMAN 7 Surakarta mendapatkan nilai 3,59 setelah dilakukan uji coba lapangan dan berkategori baik; 3) modul pembelajaran berbasis STS disertai MM terbukti efektif dalam memberdayakan KPS dengan perolehan Ngain sebesar 0,54 serta hasil signifikansi sebesar p=0,00 dan kemampuan menyimpulkan dengan perolehan Ngain sebesar 0,70 serta hasil signifikansi sebesar p=0,00. Kata Kunci : Science Technology Society (STS), Mind Map (MM), penelitian pengembangan, kemampuan menyimpulkan, Keterampilan Proses Sains (KPS)

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 05 Oct 2015 17:12
    Last Modified: 05 Oct 2015 17:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20643

    Actions (login required)

    View Item