EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (NHT - PS) DAN TIPE ROUNDTABLE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK ( ROUNDTABLE - PS) PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE - KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Kusumaningtyas, Yolan (2014) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (NHT - PS) DAN TIPE ROUNDTABLE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK ( ROUNDTABLE - PS) PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE - KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (217Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) m anakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together denganpendekatan saintifik (NHT - PS), tipe Roundtable denganpendekatan saintifik ( R oundtable - PS) atau pembelajaran Klasikal dengan pendekatan saintifik, (2) m anakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, sedang atau rendah, (3) pada masing - masing model pembelajaran, manakah yang mempu nyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, sedang atau rendah , (4) p ada masing - masing tingkat kecerdasan emosional, manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik, pembelajaran kooperatif tipe Nu mbered Head Together denganpendekatan saintifik (NHT - PS), tipe Roundtable denganpendekatan saintifik atau pembelajaran Klasikal dengan pendekatan saintifik . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3 ́ 3. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sukoharjo . Pengambilan sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling . Sampel dalam penelitian ini sebanyak 283 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengu mpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika dan angket kecerdasan emosional . Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan . Penilaian validitas isi instrumen tes angket dilakukan oleh validator. Uji reliabilitas in strumen tes menggunakan rumus KR - 20. Daya pembeda tes menggunakan rumus korelasi produk momen dari Karl Pearson. Konsistensi internal angket menggunakan rumus korelasi produk momen dariKarl Pearson . Uji reliabilitas instrumen angket menggunakan rumus alpha. Uji keseimbangan menggunakan uji ANAVA satu jalan. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dengan menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan uji hipotesis , diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Roundtable - PS lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran NHT - PS dan Klasikal - PS pada materi fungsi , prestasi belajar matematika pada siswa yang dikenai model pembelajaran NHT - PS lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang dikenai mo del pembelajaran Klasikal - PSpada materi fungsi, (2) siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dan sedang memiliki prestasi belajar matematika yang sama. Dan siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dan sedang memiliki prestasi belajar yang lebih baik diband ingkan dengan siswa dengan kecerdasan emosional rendah, (3) pada masing - masing model pembelajaran, siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dan sedang memiliki prestasi yang yang sama baiknya. Dan siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dan sedang memili ki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan emosional rendah, (4) pada masing - masing kategori kecerdasan emosional, model pembelajaran Roundtable - PS menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran NHT - PS, sedangkan model pembelajaran NHT - PS dan Roundtable - PS memberikan prestasi belajar yang lebih baik dibanding dengan model pembelajaran Klasikal - PS. Kata kunci: Numbered Head Together (NHT) Saintifik , Rountable Saintifik , Klasikal Saintifik , Pendekatan Saintifik, Kecerdasan Emosional.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 07 Oct 2015 10:29
    Last Modified: 07 Oct 2015 10:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20640

    Actions (login required)

    View Item