PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI PERENCANAAN STRATEGI PERUSAHAAN ( STUDI KASUS PT. ANEKA D H ARMA PERSADA DAN ARENA REKA BUANA )

Prana, Yoka Raditya Ranu (2014) PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI PERENCANAAN STRATEGI PERUSAHAAN ( STUDI KASUS PT. ANEKA D H ARMA PERSADA DAN ARENA REKA BUANA ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (209Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Yoka Raditya Ranu Prana , 201 4 , Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Perencanaan Strategi ( Studi Kasus PT. Aneka Dharma Persada dan PT. Arena Reka Buana ) , Skripsi, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta Visi dan misi adalah hal yang wajib dimiliki oleh sebuah perusahaan. Oleh se bab itu setiap perusahaan diharapkan mampu mempunyai visi dan misi yang jelas dan dimengerti oleh seluruh anggota perusahaan untuk menghindari adanya ketidak harmonisan antara pek e rjaan yang dilakukan dan visi misi perusahaan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan balanced scorecard sebagai dasar merencanakan strategi perusahaan yang sesuai dengan tipe perusahaan. Penentuan strategi ini akan didasari oleh 4 perspektif Balanced Scorecard yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembel ajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dan metode analisis kualitatif. Analisis kuantitatif yaitu penelitian yang menggunakan rasio – rasio dari pengukuran masing – masing variable, kemudian diberikan penjelasan mengenai perhitungan tersebut. Analisis kualitatif adalah pendekatan secara ilmiah untuk pengambilan keputusan manajerial. Pendekatan ini menggunakan data yan g kemudian diproses menjadi informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan strategi perusahaan . Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan quisoner sebanyak 30 quisoner di setiap perusahaan. Secara keseluruhan PT. Arena Reka Buana mempunyai strategi yang lebih efektif daripada PT. A neka Dharma Persada. Hal terseb ut dapat dilihat dari nilai ke empat perspektif PT. Arena Reka Buana yang lebih baik daripada PT. Aneka Dharma Persada, dengan kemampuan yang lebih baik PT. Arena Reka Buana dapat mengembangkan perusahaan ke bidang lain sedangkan PT. Aneka Dharma Persada masih harus memperbaiki strategi perusahaannya. Kata kunci : Visi dan misi perusahaan , Strategi , Balanced Scorecard ( kartu penilaian )

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 07 Oct 2015 10:23
    Last Modified: 07 Oct 2015 10:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20639

    Actions (login required)

    View Item