STUDI KOMPARASI PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V DI SD SE-DABIN RONGGOWARSITO KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

PRATAMA, PANJI (2014) STUDI KOMPARASI PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V DI SD SE-DABIN RONGGOWARSITO KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (97Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep bangun ruang antara model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SD Se-Dabin Ronggowarsito Tahun Pelajaran 2013/2014. Bentuk penelitian ini adalah Quasy Experimental Research (Penelitian Eksperimental Semu) dengan desain Randomized Control-Group Pretest Posttest Design, yaitu melihat perbedaan pemahaman konsep siswa di antara kedua kelompok eksperimen baik sebelum diberikan perlakuan atau kemampuan awal (preetest) maupun sesudah diberikan perlakuan (posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Se-Dabin Ronggowarsito Kecamatan Ngadirojo. Sampel yang diambil adalah 30 orang siswa kelas V SDN II Ngadirojo untuk model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dan 26 orang siswa kelas V SDN I Ngadirojo untuk model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik Cluster Random Sampling. Analisis data yang digunakan baik untuk uji keseimbangan maupun uji hipotesis adalah uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat dengan uji normalitas, dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan t-test diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,087 > 2,006) sehingga Ho ditolak, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata pemahaman konsep di antara kedua kelompok perlakuan. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa pada kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) yaitu 80,10 lebih besar dari rata-rata nilai hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu 73. Hasil ini menunjukan bahwa hasil pemahaman konsep yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) lebih baik daripada pemahaman konsep siswa yang diberi perlakuan dengan model kooperatif tipe STAD. Simpulan yang dapat diambil adalah model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) memberikan pemahaman konsep bangun ruang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bagi siswa kelas V SD se-Dabin Ronggowarsito Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Rotating Trio Exchange (RTE), STAD, Pemahaman Konsep.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 05 Oct 2015 17:04
    Last Modified: 05 Oct 2015 17:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20636

    Actions (login required)

    View Item