ANALISIS PENGARUH CASH FLOW MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012)

WARDHANA, PANJI GIRINDRA (2014) ANALISIS PENGARUH CASH FLOW MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (57Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh cash flow management terhadap kinerja keuangan perusahaan. Untuk menghitung Cash Flow Management diukur menggunakan Days of Sales Outstanding, Days of Inventory Outstanding, Days of Payables Outstanding, Cash Conversion Cycle, dan Operating Cash Cycle, sedangkan untuk menghitung kinerja keuangan perusahaan manufaktur digunakanlah proksi Tobin’s Q. Penelitian ini menggunakan dua variabel kontrol yaitu Firm Size dan Debt to Equity Ratio. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari periode pengamatan 2008-2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan persyaratan yang lebih spesifik. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling dan pada akhirnya diperoleh sampel dengan jumlah 307 sampel perusahaan. Peneliti menggunakan model regresi linier berganda dengan menggunakan software IBM SPSS Statistic 20 dalam pengolahan datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Days of Sales Outstanding dan Operating Cash Cycle tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur di Indonesia. Sedangkan untuk variabel Days of Inventory Outstanding, Days of Payables Outstanding dan Cash Conversion Cycle mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan mengenai Cash Flow Management dan diharapkan penelitian ini dapat digunakan manajemen perusahaan manufaktur di Indonesia dalam pengelolaan perusahaannya. Selain itu penelitian ini juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan para investor sebelum menentukan perusahaan mana yang akan menjadi tujuan investasi. Kata kunci: Cash Flow Management, Kinerja Keuangan Perusahaan, Perusahaan Manufaktur, Days of Sales Outstanding, Days of Inventory Outstanding, Days of Payables Outstanding, Cash Conversion Cycle, Operating Cash Cycle, Tobin’s Q

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 05 Oct 2015 16:40
    Last Modified: 05 Oct 2015 16:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20633

    Actions (login required)

    View Item