EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DILENGKAPI NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGANYAR

PAMBUDI, PANGESTI ARUM (2014) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DILENGKAPI NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (398Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dilengkapi Numbered Heads Together atau dengan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganyar, (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih tinggi antara siswa dengan gaya kognitif FI atau siswa dengan gaya kognitif FD pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganyar, (3) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara kategori gaya kognitif FI dan FD pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dilengkapi Numbered Heads Together, (4) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara kategori gaya kognitif FI dan FD pada model pembelajaran konvensional, (5) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dilengkapi Numbered Heads Together dan model pembelajaran konvensional pada kategori gaya kognitif FI, (6) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dilengkapi Numbered Heads Together dan model pembelajaran konvensional pada kategori gaya kognitif FD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 188 siswa yang terbagi ke dalam 8 kelas. Sampel yang digunakan adalah 96 siswa yang diambil dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 2 Karanganyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk memperoleh data nilai ulangan harian terprogram semester II dan digunakan untuk menguji keseimbangan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, metode tes digunakan untuk memperoleh data prestasi belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar dan gaya kognitif siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis statistik dengan analisis variansi dua jalan dengan ukuran sel tak sama. Sebagai persyaratan uji analisis variansi yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD dilengkapi Numbered Heads Together memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 1 perpustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id commit to user vii Karanganyar, (2) gaya kognitif siswa tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent (FD), (3) pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dilengkapi Numbered Heads Together, siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent (FD) pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganyar, (4) pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional, siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent (FD) pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganyar (5) pada siswa dengan gaya kognitif FI, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dilengkapi Numbered Heads Together menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan siswa dengan gaya kognitif FI yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (6) pada siswa dengan gaya kognitif FD, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dilengkapi Numbered Heads Together menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan siswa dengan gaya kognitif FD yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: STAD, Numbered Heads Together, STAD dilengkapi Numbered Heads Together, gaya kognitif, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 05 Oct 2015 16:06
    Last Modified: 05 Oct 2015 16:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20630

    Actions (login required)

    View Item