PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA HANDOUT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X.2 ICT 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013

LAKSONO, PANDU JATI (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA HANDOUT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X.2 ICT 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (154Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X.2 ICT 2 pada materi Hidrokarbon melalui penerapan model pembelajaran NHT dengan media handout 2) meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X.2 ICT 2 pada materi Hidrokarbon melalui penerapan model pembelajaran NHT dengan media Handout. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.2 ICT 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Data penelitian yang diambil berupa prestasi belajar aspek kognitif dan aspek afektif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes prestasi kognitif, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dari hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan: model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dengan media Handout dapat meningkatkan aktivitas belajar materi Hidrokarbon. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase rata-rata indikator keaktifan siswa 75,63% yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80,56%. Siswa yang dinyatakan aktif pada siklus I sebanyak 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 66,67%. 2) Model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dengan media handout dapat meningkatkan prestasi belajar materi Hidrokarbon. Hal ini dapat dilihat tes kognitif yaitu ketuntasan belajar siswa mencapai 50% pada siklus I dan 77,28% pada siklus II. Untuk hasil belajar afektif siswa persentase rata-rata aspek afektif untuk siklus I sebesar 72,51% dan siklus II sebesar 80,28%. Siswa yang dinyatakan berkategori sangat baik sebesar 50% pada siklus I dan pada siklus II sebanyak 72,22%. Kata kunci: numbered head together, penelitian tindakan kelas, aktivitas, prestasi belajar, handout, hidrokarbon.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 05 Oct 2015 16:06
    Last Modified: 05 Oct 2015 16:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20629

    Actions (login required)

    View Item