PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP EARNING MANAGEMENT (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang terdaftar di Kompas 100 Tahun 2008 – 2010)

PUTRI, DIAN NICKY (2014) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP EARNING MANAGEMENT (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang terdaftar di Kompas 100 Tahun 2008 – 2010). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (104Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji struktur kepemilikan manajerial, ukuran dewan , komposisi dewan independen, dan komite audit terhadap manajemen laba. Manajemen laba diukur dengan discretionary accruals, struktur kepemilikan manajerial diukur dengan jumlah persentase saham yang dimiliki oleh manajerial, ukuran dewan diukur dengan jumlah dewan direksi, dan corporate governance diukur dengan variabel (komposisi dewan komisaris independen, dan jumlah komite audit). Penelitian ini menggunakan data dari 105 perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Kompas 100 dari tahun 2008 - 2010. Metode pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur kepemilikan manajerial berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba. Namun karena model regresi linier berganda tidak signifikan antar variabel, maka dalam penelitian ini dianggap tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Sementara itu ukuran dewan dan praktik Corporate Governance (proporsi dewan komisaris independen dan komite audit) tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Kata kunci: Manajemen laba, Corporate Governance, Struktur Kepemilikan Manajerial, Ukuran Dewan, Komposisi Dewan Komisaris Independen, dan Komite Audit.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Natasya Andalucki Yohosua
    Date Deposited: 05 Oct 2015 15:20
    Last Modified: 05 Oct 2015 15:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20627

    Actions (login required)

    View Item