PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAUR AIR PADA SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN KARANGPANDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SUSILOWATI, FAUZIAH NUR (2014) PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAUR AIR PADA SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN KARANGPANDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (112Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep daur air antara siswa yang diajar dengan dengan model pembelajaran model Teams Games Tournamen (TGT) dan siswa yang diajar dengan model konvensional siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Gajah Mada Kecamatan Karangpandan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Pretest Postest Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V semester genap SD Negeri Se-Gugus Gajah Mada Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 201 3/ 2014. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes objektif untuk pemahaman konsep IPA materi daur air. Analisis data yang digunakan baik untuk uji keseimbangan maupun uji hipotesis adalah uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat dengan uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini adalah: terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran Konvensional terhadap pemahaman konsep IPA materi daur air pada siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus Gajah Mada Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar karena nilai thitung adalah 15.35, dan ttabel sebesar 2.000 ini berarti bahwa nilai t hitung ≥ ttabel yaitu 15.35 ≥ 2.000 sehingga H0 ditolak. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep daur air siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi daur air pada siswa kelas V SD Negeri seGugus Gajah Mada Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Kata Kunci: kemampuan pemahaman konsep daur air, model kooperatif, model kooperatif tipe TGT

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 05 Oct 2015 14:06
    Last Modified: 05 Oct 2015 14:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20617

    Actions (login required)

    View Item