PENERAPAN METODE STAD DAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN NEMBANG MACAPAT SISWA KELAS V-C MIN MANISREJO MADIUN

Suryaningrum, Fauzi Nur (2014) PENERAPAN METODE STAD DAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN NEMBANG MACAPAT SISWA KELAS V-C MIN MANISREJO MADIUN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (81Kb) | Preview

    Abstract

    Masalah penelitian ini adalah (1) apakah penerapan metode STAD dan media audiovisual dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar nembang macapat dikelas V-C MIN Manisrejo Madiun? dan (2) apakah penerapan metode STAD dan media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan nembang macapat siswa kelas V-C MIN Manisrejo Madiun? Adapun tujuan penelitian ini, yaitu untuk: (1) meningkatkan motivasi siswa dalam belajar nembang macapat dengan penerapan metode STAD dan media audiovisual dikelas V-C MIN Manisrejo Madiun dan (2) meningkatkan kemampuan nembang macapat dengan penerapan metode STAD dan media audiovisual siswa kelas V-C MIN Manisrejo Madiun. Penelitian ini dilakukan di MIN Manisrejo Kota Madiun kelas V-C pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Data penelitian berupa informasi tentang proses pembelajaran bahasa Jawa khususnya tembang macapat. Teknik pengumpulan data meliputi pengamatan, wawancara atau diskusi, kajian dokumen, angket, dan tes. Teknik uji validitas data adalah trianggulasi dan review informan kunci. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan metode STAD dan media audiovisual dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan nembang macapat siswa kelas V-C MIN Manisrejo Kota Madiun. Motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran nembang macapat maupun motivasi belajar siswa dalam kerja kelompok mengalami peningkatan. Pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai prersentase 25,71%, pada siklus II mencapai persentase 64,76%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus III mencapai persentase 93,81%. Kemampuan nembang macapat juga mengalami peningkatan. Hasil siklus I memperoleh 69,8%, pada siklus II 74,5%, sehingga menunjukkan peningkatan tiap siklus meskipun belum mencapai indikator yang telah ditetapkan. Pada siklus III mengalami peningkatan yang signifikan dengan memperoleh persentase 82,4% dan sudah mencapai indikator yang dicapai. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode STAD dan media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam nembang macapat. Kata Kunci: Motivasi, nembang macapat, metode STAD, media audiovisual

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 05 Oct 2015 14:01
    Last Modified: 05 Oct 2015 14:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20616

    Actions (login required)

    View Item