NETRALITAS MEDIA DALAM KAMPANYE PILGUB (Studi Analisis Wacana Pemberitaan Kampanye Pilgub Langsung Provinsi Jawa Tengah Di Surat Kabar Harian Solopos Periode 1 Mei – 1 Juni 2013)

HAVIP, FATAN AUDI (2013) NETRALITAS MEDIA DALAM KAMPANYE PILGUB (Studi Analisis Wacana Pemberitaan Kampanye Pilgub Langsung Provinsi Jawa Tengah Di Surat Kabar Harian Solopos Periode 1 Mei – 1 Juni 2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (660Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis pada wacana pemilihan gubernur (pilgub) langsung yang diangkat oleh media. Dalam pilgub Jawa Tengah terdapat tiga kandidat yang bersaing yakni pasangan nomor urut satu Drs. Hadi Prabowo, MM – Dr. H. Don Murdong, SH, M.Si, yang diusung koalisi PKS, PKB, Partai Gerindra, PPP, Partai Hanura, dan PKNU. Pasangan incumbent H. Bibit Waluyo – Prof. Dr. Sudijono Sastroatmojo, M.Si di nomor urut dua, yang diusung koalisi Partai Demokrat, Golkar, dan PAN. Pasangan H. Ganjar Pranowo – Drs. H. Heru Sudjatmoko, M.Si, yang diusung oleh PDIP. Persoalan netralitas media menjadi persoalan utama ketika media berada di tengah persaingan kekuatanan antar cagub karena media massa dapat mempengaruhi publik untuk mendukung dan menolak calon. Netralitas media merupakan hal yang sulit dicapai. Namun sebagaimana yang diisyaratkan dalam pasal 77 ayat 1 UU NO (lupa), media harus bersikap profesional dengan menekankan netralitas dengan tidak memberikan porsi liputan yang menguntungkan salah satu cagub. Karena berita sebagai produk media bukan semata pemberi informasi, namun memiliki kekuatan untuk membangun persepsi massa. Berita memiliki kemampuan untuk memberikan penyadaran-penyadaran kepada publik pembaca walaupun terkadang yang dibangun media adalah kesadaran palsu. Maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemberitaan kampanye pilgub Jawa Tengah di surat kabar Solopos dalam perspektif netralitas media. Parameter netralitas pemberitaan media dalam penelitian ini dapat diamati dari ada tidaknya faktor sensasionalisme, stereotype, juxtaposition, lingkages dalam berita. Jika dalam pemberitaan media muncul salah satu atau lebih unsur tersebut menyebabkan media tersebut menjadi tidak netral dalam pemberitaan kampanye pilgub. Penelitian ini menggunakan analisis wacana Teun A Van Dijk yang terdiri dari elemen tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris untuk menganalisis berita yang ditampilkan Solopos. Analisis wacana Van Dijk dimaksudkan untuk melihat bagaimana teks berita yang ditampilkan dan melihat maksud dari teks berita yang dimuat harian Solopos. Dari analisis terhadap teks yang ditampilkan Solopos dapat diketahui bagaimana netralitas media dalam kampanye pilgub. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Solopos memiliki maksud dalam menampilkan pemberitaan mengenai calon gubernur yang bersaing di Pilgub Jateng 2013. Dalam penulisan berita tidak semua teks berita dari Solopos netral dalam xviii pemberitaannya. Terdapat elemen dalam netralitas media yang menjadikan Solopos tidak netral khususnya pada elemen personalisasi. Kata Kunci: analisis wacana, media massa, netralitas media

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 05 Oct 2015 13:33
    Last Modified: 05 Oct 2015 13:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20610

    Actions (login required)

    View Item