PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEKANIKA TEKNIK BERUPA MODUL INTERAKTIF BERBASIS GAMING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (Uji Coba Produk di SMK N 2 Sukoharjo)

Utomo, Pambudi Nur (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEKANIKA TEKNIK BERUPA MODUL INTERAKTIF BERBASIS GAMING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (Uji Coba Produk di SMK N 2 Sukoharjo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (106Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hasil kelayakan dari penerapan modul interaktif berbasis gaming dalam pembelajaran Mekanika Teknik; (2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Mekanika Teknik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan prosedur penelitian menggunakan model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Sumber data diperoleh dari sumber literatur modul mekanika teknik dan pengembangan media berbasis gaming menggunakan program Macromedia Flash 8. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis gaming ini berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba kepada siswa melalui angket serta hasil prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Kelayakan media didapat dari hasil penilaian angket baik dari para ahli maupun dari siswa sebagai berikut: (a) Ahli materi 1 (76,84 %); (b) Ahli materi 2 (77,89 %); (c) Ahli media 1 (89,17 %); (d) Ahli media 2 (81,67 %); (e) Angket siswa (73,94 %). (2) Ketuntasan prestasi belajar siswa dengan persentase sebagai berikut: (a) nilai persentase kelayakan pada test pertama sebesar (36,67 %); (b) nilai persentase kelayakann pada test kedua sebesar (70,00 %); (c) perhitungan t tabel menurut pre test dan post test (2,462); (d) T hitung antara pre test dan post test adalah (-2,20);. Hasil akhir dari penelitian ini adalah produk media pembelajaran berupa modul interaktif berbasis gaming yang dibuat oleh peneliti layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran mekanika teknik di SMK. Kata kunci: mekanika teknik, media pembelajaran, modul interaktif, gaming, Macromedia Flash 8, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 05 Oct 2015 11:17
    Last Modified: 05 Oct 2015 11:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20602

    Actions (login required)

    View Item