EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN NGAWI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Rizal , Ony Syaiful (2014) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN NGAWI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (364Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang diberi pengajaran dengan model pembelajaran inkuiri, pembelajaran berbasis masalah, atau pembelajaran langsung. (2) Manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik, siswa dengan tipe gaya belajar auditori, visual atau kinestetik. (3) Pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik antara siswa dengan gaya belajar auditori, visual atau kinestetik, (4) Pada masing-masing kategori gaya belajar, manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik antara model pembelajaran inkuiri, pembelajaran berbasis masalah, atau pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Ngawi tahun pelajaran 2013/2014 semester ganjil. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified cluster random sampling. Terpilih siswa-siswa dari tiga sekolah yaitu siswa SMPN 1 Ngawi, SMPN 4 Ngawi dan SMPN 2 Geneng, Ngawi. Metode pengumpulan data yang yang digunakan antara lain metode dokumentasi, angket dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua jalan sel tak samadengan desain faktorial 3x3. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Prestasi belajar matematika siswa dengan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada pembelajaran inkuiri dan pembelajaran langsung. Prestasi belajar matematika siswa dengan pembelajaran inkuiri lebih baik dari pada pembelajaran langsung; (2) Prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar auditori lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai gaya belajar visual dan kinestetik. Prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai gaya belajar visual lebih baik daripada siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik; (3a) Pada model pembelajaran berbasis masalah, tidak ada perbedaan prestasi belajar pada masing-masing tipe gaya belajar; (3b) Pada model pembelajaran inkuiri, tidak ada perbedaan prestasi belajar pada masing-masing tipe gaya belajar; (3c) Pada pembelajaran langsung, tidak terdapat perbedaan prestasi belajar matematika pada masing-masing tipe gaya belajar; (4a) Pada siswa yang memiliki tipe gaya belajar visual, penggunaan model pembelajaran berbasis masalah menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran langsung. Penggunaan model pembelajaran inkuiri menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama dengan pembelajaran langsung; (4b) Pada siswa yang memiliki tipe gaya belajar auditori, tidak ada perbedaan prestasi belajar pada masing-masing model pembelajaran; (4c) Pada siswa yang memiliki tipe gaya belajar kinestetik, tidak ada perbedaan prestasi belajar pada masing-masing model pembelajaran. Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Inkuiri, Gaya Belajar, dan Prestasi Belajar Matematika

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 05 Oct 2015 10:28
    Last Modified: 05 Oct 2015 10:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20598

    Actions (login required)

    View Item