ANALISIS PROSES PRODUKSI KAIN CDP 2024 DAN PRODUKTIVITAS MESIN ROTARY PRINT PADA DEPARTEMEN PRINTING PT KUSUMAHADI SANTOSA KARANGANYAR

Novilia, Farida (2014) ANALISIS PROSES PRODUKSI KAIN CDP 2024 DAN PRODUKTIVITAS MESIN ROTARY PRINT PADA DEPARTEMEN PRINTING PT KUSUMAHADI SANTOSA KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (113Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk menganalisis proses produksi kain CDP 2024 dan produktivitas mesin rotary print yang ada pada departemen printing PT Kusumahadi Santosa Karanganyar. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dalam penelitian ini adalah rekapitulasi stop mesin dan efisiensi printing dan proses produksi kain CDP 2024 dengan mesin rotary print. Suatu perusahan tekstil yang memproduksi kain berdasarkan pemesanan dari konsumen. Proses produksi kain CDP 2024 dengan menggunakan mesin rotary print. Alur proses produksikain CDP 2024 pada PT. Kusumahadi Santosa terdiri dari beberapa tahap, yaitu proses persiapan yang terdiri mempersiapan kain, mempersiapkan obat-obatan, mempersiapkan gambar dan mempersiapkan film. Tahap kedua yaitu proses produksi, yang terdiri dari desizing atau scouring, setting,pengecapan,dan cuci. Tahap ketiga yaitu tahap proses penyelesaian terdiri dari inspeksi kain, rolling, dan packing. Dalam perhitungan faktor tunggal pada mesin rotary print dengan jumlah produksi yang dihasilkan dibagi total jumlah waktu yang tersedia, produktivitas pada bulan September 13,79 yard per menit, bulan Oktober 12,59 yard per menit, bulan November 12,25 yard per menit, bulan Desember 17,35 yard per menit. Produktivitas mesin tersebut banyak mengalami fase turun naik. Penurunan produktivitas tersebut dikarenakan stop mesin pada bulan September 22.130 menit, Oktober 22.170 menit, November 22.530 menit dan bulan Desember yaitu 21.880 menit. Penurunan produktivitas ini terjadi karena pada bulan September, Oktober dan November memiliki jumlah total waktu stop mesin karena proses dan stop mesin karena problem lebih besar, sehingga produktivitasnya menurun. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan maka penulis menyarankan bahwa PT. Kusumahadi Santosa melakukan pengawasan dan perawatan setiap hari pada mesin agar mengurangi waktu stop mesin sehingga produktivitas dapat meningkat. Kata Kunci: Produktivitas, Faktor Tunggal, Perusahaan Tekstil.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 05 Oct 2015 00:51
    Last Modified: 05 Oct 2015 00:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20595

    Actions (login required)

    View Item