ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS TERAKREDITASI DAN BELUM TERAKREDITASI DI KABUPATEN WONOGIRI

Setiawan, Fardi (2014) ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS TERAKREDITASI DAN BELUM TERAKREDITASI DI KABUPATEN WONOGIRI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (98Kb) | Preview

    Abstract

    Pelayanan kesehatan merupakan faktor penting dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan setiap insan di seluruh dunia. Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) sebagai salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat memiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Salah satu cara peningkatan mutu pelayanan puskesmas dilakukan dengan ketentuan akreditasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan, kualitas serta harapan masyarakat terhadap Puskesmas yang sudah terakreditasi dan belum terakreditasi di Kabupaten Wonogiri. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah semua pasien yang pernah berobat dan berkunjung ke Puskesmas Wonogiri I sebagai Puskesmas yang sudah terakreditasi dan Puskesmas Giriwoyo I sebagai Puskesmas yang belum terakreditasi di Kabupaten Wonogiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan pelayanan di Puskesmas Wonogiri I dan Puskesmas Giriwoyo I dinilai sangat memuaskan oleh masyarakat dan mampu memberikan kualitas pelayanan yang cukup baik. Hal ini menunjukan bahwa pelayanan kesehatan di kedua Puskesmas tersebut terjangkau dan diminati oleh masyarakat ditengah persaingan pemberi pelayanan kesehatan walaupun kedua Puskemas tersebut berbeda status yaitu Puskesmas Wonogiri I merupakan Puskesmas terakreditasi sedangkan Puskesmas Giriwoyo I merupakan Puskesmas belum terakreditasi. Dari hasil analisis yang dilakukan untuk pelayanan kesehatan di Puskesmas induk, indikator kenyamanan dan keamanan lingkungan Puskesmas Wonogiri I masih kurang baik, untuk Puskesmas Giriwoyo I indikator kecepatan pelayanan dan kenyamanan lingkungan masih kurang baik. Sedangkan pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas pembantu dan PKD indikator disiplin dan tanggung jawab petugas kesehatan dan kenyamanan lingkungan Pustu maupun PKD masih kurang baik. Penelitian ini direkomendasikan bagi instansi pemerintah terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri dapat melakukan pembinaan mengenai manajemen Puskesmas khususnya pembinaan tentang akreditasi puskesmas sehingga Puskesmas dapat memberikan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat. Kata Kunci : Akreditasi Puskesmas, Kepuasan Masyarakat, Kualitas Pelayanan Kesehatan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 05 Oct 2015 00:39
    Last Modified: 05 Oct 2015 00:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20593

    Actions (login required)

    View Item