PENGARUH PERUSAHAAN KELUARGA, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN KEBIJAKAN UTANG TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012)

Setyabudi, Fany Himawan (2014) PENGARUH PERUSAHAAN KELUARGA, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN KEBIJAKAN UTANG TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (75Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perusahaan keluarga (PK), ukuran perusahaan (UKP), profitabilitas (ROE), dan kebijakan utang (leverage) terhadap kebijakan dividen perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012. Kebijakan dividen diukur dengan Dividend Yield (DY). Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD), laporan tahunan, dan laporan keuangan. Populasi penelitian ini berupa 442 perusahaan non-keuangan yang mengeluarkan dividen dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dimana jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 389 perusahaan. Hasil dari penelitian ini secara semua variabel independen berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Kemudian PK dan leverage berpengaruh negatif terhadap DY secara signifikan, sedangkan UKP dan ROE berpengaruh positif terhadap DY secara signifikan. Kata Kunci: kebijakan dividen, perusahaan keluarga, ukuran perusahaan profitabilitas, kebijakan utang. Katersediaan Data: Indonesia Capital Market Directory, laporan tahunan, laporan keuangan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 04 Oct 2015 23:55
    Last Modified: 04 Oct 2015 23:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20590

    Actions (login required)

    View Item