IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KABUPATEN LAYAK ANAK (Analisis Tentang Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Kebijakan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Rembang)

Nugroho, Fajar Sulistyo (2014) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KABUPATEN LAYAK ANAK (Analisis Tentang Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Kebijakan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Rembang). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (472Kb) | Preview

    Abstract

    Permasalahan anak di kota mendapat perhatian tersendiri mengingat belakangan banyak berkembang berbagai perlakuan tak layak terhadap anak seperti kekerasan, kelaparan dan gizi buruk, penyakit endemik, kenakalan anak, eksploitasi anak berupa pelacuran, traficking, pekerja anak dan kondisi traumatis anak pasca konflik wilayah. Atas dasar tersebut Kabupaten Rembang dalam rangka penyadaran semua pihak akan hak-hak anak serta pembangunan yang responsif anak khususnya terkait dengan norma standar, prosedur kriteria, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Rembang menetapkan kebijakan yang dimaksudkan untuk melindungi hak-hak anak yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah dan kondisi otonomi daerahnya yang kemudian kebijakan tersebut disebut kebijakan Kabupaten Layak Anak. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Rembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa sja yang mempengaruhi keberhasilan implementasi kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA) di Kabupaten Rembang. Secara spesifik untuk mengetahui komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi yang berpengaruh dalam pelaksanaan program pengimplementasian kebijakan kota layak anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Dalam teknik ini peneliti cenderung untuk memilih informan yang dianggap mengetahui informasi dan masalahnya secara mendalam dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber data yang akurat. Berdasarkan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi keberhasilan kebijakan KLA di Kabupaten Rembang adalah komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Faktor komunikasi dibuktikan dengan diadakannya komunikasi dengan sosialisasi secara rutin baik melalui sosialisasi langsung maupun melalui media massa. Faktor sumber daya manusia yaitu pemerintah telah menunjuk instansi-instansi yang terkait dengan anak yang dikira mampu dan mumpuni untuk menjalankan kebijakan KLA, sedangkan dari dana kebijakan, pemerintah Kabupaten Rembang sudah menyiapkan dana dalam APBD. Faktor disposisi bahwa pelaksana mempunyai komitmen yang tinggi dalam mengupayakan kesuksesan untuk kebijakan KLA di Kabupaten Rembang. Faktor struktur birokrasi sudah sangat jelas diatur dalam Keputusan Bupati Nomor 050/530/2010. Kata Kunci : Faktor Keberhasilan Implementasi, Kabupaten Layak Anak

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 04 Oct 2015 22:52
    Last Modified: 04 Oct 2015 22:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20586

    Actions (login required)

    View Item