PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI PEMANFAATAN LINGKUNGAN HIDUP KAITANNYA DENGAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Istikomah, (2014) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI PEMANFAATAN LINGKUNGAN HIDUP KAITANNYA DENGAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (70Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas proses dan hasil belajar geografi melalui penerapan model Discovery Learning pada materi Pemanfaatan Lingkungan Hidup Kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan di SMA Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 4 semester genap SMA Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Objek penelitian ini adalah proses dan hasil belajar geografi pada materi pemanfaatan lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan melalui Discovery Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian ini adalah : (1) Penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kualitas proses belajar pada materi “Pemanfaatan Lingkungan Hidup Kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan”. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan Siklus I dan Siklus II. Pada siklus I belum memenuhi persentase target capaian, yaitu sebesar 68,75% (target capaian sebesar 75 %). Akan tetapi, pada siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 18,47% sehingga prosentase kegiatan peserta didik dalam siklus II telah memenuhi target capaian, yaitu sebesar 87,22 % (target capaian sebesar 75 %). (2) Penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar geografi pada materi “Pemanfaatan Lingkungan Hidup Kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan”. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I prosentase peserta didik yang telah mencapai ketuntasan adalah sebesar 76,92 % dan meningkat menjadi 86,96 %. Kata kunci : discovery learning, kualitas proses belajar, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 04 Oct 2015 20:57
    Last Modified: 04 Oct 2015 20:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20582

    Actions (login required)

    View Item