PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNARUNGU SISWA SLB BHAKTI KENCANA SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/ 2014

Markhami, Istiqomah (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNARUNGU SISWA SLB BHAKTI KENCANA SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/ 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (726Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh pembelajaran bahasa isyarat terhadap kepercayaan diri anak tunarungu siswa SLB Bhakti Kencana Sleman Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan eksperimen one group pretest- posttest design, yakni sekelompok subyek yang diberi perlakuan pada sebuah jangka waktu, dan pengaruh dari perlakuan diukur melalui perbedaan antara pengukuran awal (pretest) dengan pengukuran akhir (posttest). Sampel dalam penelitian ini adalah anak tunarungu kelas 3 SMP di SLB Bhakti Kencana Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 5 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes.Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik non- parametrik, yaitu Wilcoxon Signed Rank Test (Tes Ranking Bertanda Wilcoxon) dengan bantuan aplikasi komputer SPSS versi 20. Dari hasil analisis deskriptif dapat diperoleh nilai rata- rata posttest 38,80 dan nilai rata- rata pretest 14. Hasil analisi non- parametric diperoleh nilai Z = -2, 032 dengan P = 0, 042. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "Pembelajaran bahasa isyarat mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan diri anak tunarungu siswa SLB Bhakti Kencana Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2013/ 2014" dapat diterima kebenarannya. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran bahasa isyarat mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan diri anak tunarungu siswa SLB Bhakti Kencana Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2013/ 2014. Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Isyarat, Anak Tunarungu, Kepercayaan Diri.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 04 Oct 2015 20:35
    Last Modified: 04 Oct 2015 20:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20580

    Actions (login required)

    View Item