HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ISTRI TENTANG VASEKTOMI DENGAN KEIKUTSERTAAN SUAMI DALAM PROGRAM KB (MOP) DI KECAMATAN JATEN

JATIKUSUMA, DEA FIESTA (2015) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ISTRI TENTANG VASEKTOMI DENGAN KEIKUTSERTAAN SUAMI DALAM PROGRAM KB (MOP) DI KECAMATAN JATEN. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (153Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang: Program KB vasektomi atau MOP merupakan salah satu metode kontrasepsi jangka panjang yang ditujukan untuk suami. Dari keseluruhan peserta KB aktif di Indonesia, akseptor KB vasektomi hanya sebesar 0,7%. Rendahnya tingkat keikutsertaan suami dalam program vasektomi dapat dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan istri yang diwujudkan dalam peran dan dukungan terhadap keikutsertaan suami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan tingkat pengetahuan istri tentang vasektomi dengan keikutsertaan suami dalam program KB (MOP) di Kecamatan Jaten. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional yang dilakukan di Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan istri tentang vasektomi dengan keikutsertaan suami dalam program KB (MOP). Pengambilan data menggunakan kuesioner yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas pada 387 sampel, yang merupakan istri dari pasangan usia subur. Analisis data sampel pada penelitian ini menggunakan Uji Korelasi Lambda dengan SPSS versi 19 for Windows. Hasil Penelitian: Sebanyak 271 responden (70,03%) memiliki tingkat pengetahuan baik, 87 responden (22,48%) memiliki tingkat pengetahuan sedang, dan 29 responden (7,49%) memiliki tingkat pengetahuan rendah. Dari keseluruhan responden, hanya 17 responden (4,39%) yang mengikuti program KB vasektomi. Angka korelasi dari Uji Lambda sebesar 0,000 menunjukkan hubungan yang sangat lemah antara tingkat pengetahuan istri tentang vasektomi dengan keikutsertaan suami dalam program KB (MOP). Simpulan Penelitian: Terdapat hubungan yang sangat lemah antara tingkat pengetahuan istri tentang vasektomi dengan keikutsertaan suami dalam program KB (MOP).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 04 Oct 2015 17:26
    Last Modified: 04 Oct 2015 17:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20571

    Actions (login required)

    View Item