PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN LARI CEPAT UP HILL, DOWN HILL, KOMBINASI DOWN HILL UP HILL DAN RASIO TINGGI DUDUK TINGGI BADAN TERHADAP PRESTASI LARI CEPAT 100 METER

PRADESA, MARLIANI (2014) PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN LARI CEPAT UP HILL, DOWN HILL, KOMBINASI DOWN HILL UP HILL DAN RASIO TINGGI DUDUK TINGGI BADAN TERHADAP PRESTASI LARI CEPAT 100 METER. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (491Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh metode latihan lari cepat up hill, down hill dan kombinasi down hill up hill terhadap prestasi lari cepat 100 meter, (2) Perbedaan prestasilari cepat 100 meter antara rasio tinggi duduk tinggi badan tinggi, sedang dan rendah, (3) Interaksi antara antara metode latihan lari cepat dan rasio tinggi duduk tinggi badan terhadap prestasi lari cepat 100 meter. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo selama 2 bulan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 3 x 3. Populasi penelitian adalah siswa putra kelas VIII SMP Negeri 3 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo yang mempunyai kategori tinggi duduk tinggi badan tinggi, sedang, dan rendah. Sampel penelitian berjumlah 45 siswa laki-laki yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Variabel penelitian ini melibatkan tiga variabel, yaitu variabel independen, variabel atributif dan variabel dependen. Rinciannya sebagai berikut: 1) Variabel independen yaitu metode latihan lari cepat up hill, down hill dan kombinasi down hill up hill, 2) Variabel atributif yaitu rasio tinggi duduk tinggi badan tinggi, sedang, dan rendah. 3) Variabel dependen yaitu prestasi lari cepat 100 meter. Seluruh data yang diperlukan diperoleh melalui pengukuran tinggi duduk tinggi badan, tes lari cepat 100 m untuk mengetahui prestasi awal (Pre test). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANAVA dua jalur dengan bantuan aplikasi computer menggunakan seri program SPSS for window versi 19 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan lari cepat up hill, down hill dan kombinasi down hill up hill terhadap prestasi lari cepat 100 meter (Sig = 0.000 < 0.05) di mana metode latihan kombinasi down hill up hill memiliki prestasi lari cepat 100 meter yang lebih baik dari pada metode latihan lari cepat up hill dan down hill. (2) Ada Perbedaan prestasi lari cepat 100 meter antara rasio tinggi duduk tinggi badan tinggi, sedang dan rendah, (Sig = 0.000 < 0.05) di mana siswa yang memiliki rasio tinggi duduk tinggi badan sedang memiliki prestasi lari cepat 100 meter yang lebih baik dari pada siswa yang memiliki rasio tinggi duduk tinggi badan tinggi dan rendah. (3) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara metode latihan lari dan rasio tinggi duduk tinggi badan terhadap prestasi lari cepat 100 meter, (Sig = 0.400 > 0.05). Kata Kunci : Metode Latihan Lari Cepat, Rasio Tinggi Duduk Tinggi Badan dan Prestasi Lari Cepat 100 m.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 04 Oct 2015 17:09
    Last Modified: 04 Oct 2015 17:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20570

    Actions (login required)

    View Item