PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TERKAIT E-VOTING TERHADAP PERILAKU MEMILIH SEBAGAI PARTICIPATION SKILL DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA TAHUN 2013 DESA KARANGNONGKO KECAMATAN MOJOSONGO BOYOLALI

FAUZYA, MARIZA NUR (2014) PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TERKAIT E-VOTING TERHADAP PERILAKU MEMILIH SEBAGAI PARTICIPATION SKILL DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA TAHUN 2013 DESA KARANGNONGKO KECAMATAN MOJOSONGO BOYOLALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (800Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara persepsi masyarakat terkait e-voting terhadap perilaku memilih masyarakat Desa Karangnongko, Kecamatan Mojosongo, Boyolali. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Karangnongko, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, yang telah memiliki hak pilih dan terdaftar sebagai DPT, yang terdiri dari 14 dukuh sebanyak 2.468 jiwa. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan Teknik Area Probability-Ramdom Sampling, dan diperoleh sampel sebanyak 243 orang yang di ambil secara acak dari 14 dukuh yaitu Dukuh Tompe, Dukuh Kebon Ijo, Dukuh Kebon Arum, Dukuh Slembi, Dukuh Kragilan, Dukuh Karangnongko, Dukuh Popongan, Dukuh Gedangan, Dukuh Kebon Moyo, Dukuh Lawang, Dukuh Pengilon, Dukuh Karang Tengah, Dukuh Trisik, Dukuh Karang Anyar. Teknik pengumpulan data untuk variabel persepsi masyarakat terkait e-voting (X) dan variabel perilaku memilih (Y) menggunakan metode angket yang bersifat tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi satu prediktor. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan antara persepsi masyarakat terkait e-voting dan perilaku memilih masyarakat Desa Karangnongko, Kecamatan Mojosongo, Boyolali. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis data yang menyabutkan bahwa rhitung>rtabel yaitu 0,239>0,125 serta koefisien korelasinya adalah thitung> ttabel yaitu 3,821>1,969. Sedangkan besaran sumbangan determinasi sebesar 5,71%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa hipotesis dalam penelitian ini di terima, artinya terdapat pengaruh antara persepsi masyarakat terkait e-voting terhadap perilaku memilih sebagai participation skill dalam pemilihan Kepala Desa tahun 2013 Desa Karangnongo, Kecamatan Mojosongo, Boyolali. Kata kunci : persepsi masyarakat terkait e-voting, perilaku memilih, pemilihan kepala desa, participation skill.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 04 Oct 2015 17:04
    Last Modified: 04 Oct 2015 17:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20568

    Actions (login required)

    View Item