PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

SEPTIAWAN, DANANG WAHYU (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (977Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Studi Pada : Kompetensi Dasar Memahami Sistem Hukum Dan Peradilan Nasional Dalam Lingkup Negara Kesatuan Repblik Indonesia Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Boyolali Tahun 2013/2014). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design penelitian One-Group Pretest-Posttes Design. populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Boyolali tahun 2013/2014 yang berjumlah 291 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan Purposive Sampling (penentuan sampel dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu) dan diperoleh sampel sejumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Uji persyaratan analisis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji independen dengan taraf signifikan penelitian sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Pada : Kompetensi Dasar Memahami Sistem Hukum Dan Peradilan Nasional Dalam Lingkup Negara Kesatuan Repblik Indonesia Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Boyolali Tahun 2013/2014) yang dibuktikan dengan hasil analisis data yaitu diperoleh nilai rxy = 0,324. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan nilai rtabel dengan N= 66 dan taraf signifikan 0,05 maka diperoleh rtabel = 0,244. Karena rhitung > rtabel yaitu 0,324 > 0,244 dapat dikatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Besarnya pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan yaitu 10,5% sedangkan sisanya 89,5% dipengaruhi oleh variabel lain, yaitu faktor diri siswa, faktor guru, faktor sarana prasarana, dan faktor lingkungan. Adapun persaman garis regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 62,92 + 0,307 X jadi dari persamaan regresi menggambarkan setiap kenaikan satu angka pada variabel X maka diikuti kenaikan variabel Y sebesar 0,307. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 04 Oct 2015 16:03
    Last Modified: 04 Oct 2015 16:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20544

    Actions (login required)

    View Item