PENGUNAAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK KELOMPOK B TK MERPATI POS SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

AGA, MARIA EDEL FRUDIS (2014) PENGUNAAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK KELOMPOK B TK MERPATI POS SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (725Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional melalui penggunaan media animasi pada anak kelompok B TK Merpati Pos Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Merpati Pos Surakarta yang berumlah 15 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media animasi dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak kelompok B TK Merpati Pos dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Jumlah ketuntasan kemampuan sosial emosional anak pada prasiklus adalah 3 atau sebesar 20%. Peningkatan terjadi pada siklus I, jumlah peningkatan mencapai 60% atau 9 orang anak. Tindakan dilanjutkan ke siklus II dan terjadi peningkatan sebesar 93% atau 14 orang anak meencapai keriteria ketuntasan. Simpulan penelitian ini adalah dengan penggunaan media animasi dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak Kelompok B TK Merpati Pos Tahun Pelajaran 2013/2014. Kata kunci: media animasi, kemampuan sosial emosional

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 04 Oct 2015 16:01
    Last Modified: 04 Oct 2015 16:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20543

    Actions (login required)

    View Item