PERAN GURU PEMBIMBING KHUSUS (GPK) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH DASAR INKLUSI DI KOTA SOLO TAHUN 2014

RAMADHANI, MARFUAH TRI (2014) PERAN GURU PEMBIMBING KHUSUS (GPK) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH DASAR INKLUSI DI KOTA SOLO TAHUN 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (463Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran GPK dalam upaya meningkatkan pelayanan pendidikan anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar penyelenggara pendidikan inklusif di kota Solo. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah GPK yang diambil melalui tekhnik purposive sampling dari lima sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif di Kota Solo antara lain: Sekolah Dasar penyelenggara SDN Pajang I No.93, SDN Kartodipuran No.21, SDN Petoran Jebres, SDN Bromantakan 56, dan SDN Manahan. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Untuk mengetahui validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil dari penelitian ini adalah: rata-rata peran GPK dalam menyelenggarakan (1) identifikasi dan asesmen siswa, (2) menyelenggarakan program khusus atau pendidikan kompensatoris,(3) menyelenggarakan layanan pembelajaran khusus, (4) menyelenggarakan adaptasi media, (5) pengelolaaan alat bantu/peraga khusus/buku khusus/media khusus, (6) menyelenggarakan pengembangan program, (7) menyelenggarakan administrasi khusus dari kelima Sekolah Dasar yang diteliti bisa dikatakan sudah berperan baik dengan prosentase ketercapaian layanan GPK sebesar 71,30%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran GPK dalam pelayanan pendidikan bagi ABK pada Sekolah Dasar penyelenggara pendidikan inklusif di Kota Solo sudah berjalan dengan baik. Keywords: Peran, Guru Pembimbing Khusus (GPK), Layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus, Sekolah Dasar inklusi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 04 Oct 2015 15:50
    Last Modified: 04 Oct 2015 15:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20541

    Actions (login required)

    View Item