PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FISHBOWL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI RANAH KOGNITIF KELAS X SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Utami, Wahyu Nur (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FISHBOWL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI RANAH KOGNITIF KELAS X SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (404Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Wahyu Nur Utami . PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FISHBOWL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI RANAH KOGNITIF KELAS X SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012 . Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2012 . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) adanya p engaruh strategi pembelajaran fishbowl terhadap hasil belajar biologi kelas X SMA Negeri 8 Surakarta , 2) adanya p engaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi kelas X SMA Negeri 8 Surakarta , 3) adanya interaksi antara strategi pembelajaran fishbowl dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi kelas X SMA negeri 8 Surakar ta tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian i ni merupakan penelitian eksperimen semu ( Quasi experiment ) menggunakan faktorial 2x3 ( Desain Factorial 2x3) . Strategi pembelajaran fishbowl sebagai variabel bebas , motivasi belajar sebagai variabel moderator, dan hasil belajar biologi sebagai variabel teri kat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Surakarta semester II tahun ajaran 20 11 /20 12 sejumlah 10 kelas . Sampel pada penelitian ini diambil 2 kelas yaitu siswa kelas X .8 dengan jumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol dan Siswa k elas X .9 dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling Teknik pengumpulan data hasil belajar biologi mengunakan teknik dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan ana va dua jalan kemudian dilanjutkan uji lanjut anava dengan metode Bonferroni untuk mengetahui hasil belajar ranah kognitif. Hasil dari penelitian menghasilkan : 1) analisi s pengaruh strategi pembelajaran fishbowl terhadap hasil belajar ranah kognitif dengan F hitung 26,71 dan p - value 0,0000 sehingga H 0 ditolak, 2) analisis pengaruh motivasi belajar biologi terhadap hasil belajar ranah kognitif dengan F hitung 3,79 dan p - value 0,030 sehingga H 0 ditolak, dan 3) analisis interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar biologi terhadap hasil belajar ranah kognitif dengan F hitung 4,09 dan p - value 0,023 sehingga H 0 ditolak . Berdasarkan hasil penelitian dapat d i si mpulkan bahwa : 1) ada pengaruh secara signifikan penerapan strategi pembelajaran fishbowl terhadap hasil belajar biologi ranah kognitif di SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 , 2) ada pengaruh secara signifikan motivasi siswa terhadap hasil belajar biologi ranah kognitif di SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 , 3) ada i nteraksi antara strategi pembelajaran fishbowl dan motivasi siswa terhadap hasil belajar biologi ranah kognitif di SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Kata Kunci: Hasil Belajar Biologi, Fishbowl , Motivasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 05 Oct 2015 14:26
    Last Modified: 05 Oct 2015 14:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20532

    Actions (login required)

    View Item