AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK ( Studi Kasus Pelayanan Kesehatan Bagi Penerima JAMKESMAS di RSUD Sukoharjo )

Handayani, Tiya Ariska (2013) AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK ( Studi Kasus Pelayanan Kesehatan Bagi Penerima JAMKESMAS di RSUD Sukoharjo ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (562Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAKSI TIYA ARISKA HANDAYANI D1111032, AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK ( Studi Kasus Pelayanan Kesehatan Bagi Penerima JAMKESMAS di RSUD Kabupaten Sukoharjo ) , SKRIPSI , UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA, 2013 . Rumah Sakit merupakan instansi pemerintah yang mendapat tugas melayani kesehatan masyarakat, dalam hal in i yang dilaksanakan di RSUD Kabupaten Sukoharjo yang menangani pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat ( JAMKESMAS ) , harus mampu menjalankan fungsi dan wewenangnya dengan baik dan adil demi terciptanya kualitas pelayana n kesehatan yang baik. RSUD Kabupaten Sukoharjo berkewajiban memberikan pertanggungjawaban mengenai segala tindakannya kepada masyarakat luas khususnya masyarakat penerima kartu JAMKESMAS. Sesuai dengan Pera turan Menteri Kesehatan No. 40 tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Program JAMKESMAS . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Akuntabilitas Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) di RSUD Kabupaten Sukohar jo . Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan wawancara, mendapatkan keterangan yang diperlukan melalui komunikasi lisan secara langsung dengan pegawai rumah sakit maupun pasien. Selain wawancara teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model anali sis interaktif yaitu mereduksi data yang telah berhasil dikumpulkan kemudian disajikan dan se lanjutnya dilakukan penarikan simpulan. Dari hasil penelitian yan g telah dilakukan dapat dikata kan bahwa Akuntabilitas Prosedur yang dilihat berdasarkan ketaatan pelaksanaan terhadap peraturan perundang - undangan atau kebijakan publik yang ada untuk memberikan kualitas dalam kepuasan kepada masyarakat pengguna JAMKESMAS telah terlaksana dengan baik; Akuntabilitas Proses yang dilihat berdasarkan pada ketaatan penerap an prosedur telah dapat dilaksanakan secara baik sehingga dapat dikatakan akuntabel; dan Akuntabilitas Manfaat yang diberikan telah cukup mengakomodir dalam melayani dan menyehatkan masyarakat miskin/tidak mampu berdasarkan hasil dari aktivitas atau kegiatan - kegiatan dari RSUD Kabupaten Sukoharjo . Kata Kunci : Akuntabilitas Pelayanan Publik, Jamkesmas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 04 Oct 2015 23:41
    Last Modified: 04 Oct 2015 23:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20528

    Actions (login required)

    View Item