PENYUSUNAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK FISIKA SMA PADA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA

Nurrohmah, Siti (2013) PENYUSUNAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK FISIKA SMA PADA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (175Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Siti Nurrohmah . PENYUSUNAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK FISIKA SMA PADA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA . Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebela s Maret Surakarta. Oktober 201 3 . Penelitian ini bertujuan untuk menyusun instrumen tes diagnostik yang memenuhi standar untuk mendiagnosis miskonsepsi siswa SMA dalam pembelajaran Fisika pada materi Termodinamika . Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development ( R&D ) dengan metode 4 - D yang dikembangkan oleh S. Th i agarajan, Dorothy S . Semmel, dan Melvyn I. Semmel . Beberapa komponen yang dilibatkan dalam penelitian ini antara lain : ahli evaluasi, ahli Fisika , guru Fisika , dan siswa Kelas X I SMA Negeri 1 Surakarta . Teknik pengumpulan data mempergunakan teknik tes, sedangkan t eknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif . Analisis butir tes meliputi uji validitas dan reliabilitas instrumen yang digunakan untuk mengungkap miskon sepsi siswa pada konsep Termodinamika . Pada awalnya dihasilkan 30 butir soal tes diagnostik yang sudah divalidasi teoritik. Soal berbentuk pilihan ganda dengan alasan ditentukan. Validasi empiris dilakukan dengan uji coba terbatas yang menghasilkan reliabil itas instrumen rendah, yaitu 0, 36. Selanjutnya dilakukan revisi soal berdasarkan hasil analisis . Pada tahap penyebaran, digunakan 25 butir soal yang telah divalidasi dan menghasilkan reliabilitas instrumen cukup baik , y aitu 0, 6 8 . Berdasarkan h asil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini , dapat disimpulkan bahwa instrumen tes diagnostik yang disusun meng gunakan model pengembangan 4D ( Define / Pendefinisian, Design / Perancangan, Develop / Pengembangan, dan Disseminate / Penyebaran) telah memenu hi standar untuk mendiagnosis miskonsepsi siswa SMA pada materi Termodinamika. Instrumen tes diagnostik terdiri atas 25 butir soal berbentuk pilihan ganda dengan alasan ditentukan. Tes diagnostik yang disusun mampu mengklasifikasikan tingkat pemahaman sisw a. Tingkat pemahaman siswa dibedakan menjadi tiga yaitu memahami, miskonsepsi, dan tidak memahami deng an reliabilitas instrumen 0, 6 8 . Hal ini berarti tingkat keajegan instrumen dalam mengungkap miskonsepi siswa adalah cukup baik. Kata ku n ci : tes diagnostik, miskonsepsi, Termodinamika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 04 Oct 2015 21:25
    Last Modified: 04 Oct 2015 21:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20521

    Actions (login required)

    View Item