PENGARUH PENGGUNAAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN MEDIA TEKA - SILANG DAN ULAR TANGGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 1 SIMO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Rakhmadhani, Nuzul (2013) PENGARUH PENGGUNAAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN MEDIA TEKA - SILANG DAN ULAR TANGGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 1 SIMO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (587Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Nuzul Rakhmadhani. PENGARUH PENGGUNAAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN MEDIA TEKA - TEKI SILANG DAN ULAR TANGGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA NEGE RI 1 SIMO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 . Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas M aret Surakarta. Oktober 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) peng aruh penerapan metode TGT berbantuan media teka-teki silang (TTS) dan ular tangga, 2) pengaruh motivasi belajar siswa, 3) interaksi antar a penerapan metode TGT berbantuan media TTS dan ular tangga dengan motivas i belajar siswa pada pembelajaran materi koloid terhadap prestasi belaja r kimia di kelas XI SMA Negeri 1 Simo. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat e ksperimental dengan pendekatan kuantitatif dan desain faktorial 2x3. Po pulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Simo tahun p elajaran 2011/2012. Pada kelas eksperimen 1 diterapkan metode pembelajaran T GT berbantuan media TTS sedangkan pada kelas eksperimen 2 diterapkan metode pembelajaran TGT berbantuan media permainan ular tangga. Teknik peng ambilan sampel dengan cluster random sampling, sehingga didapatkan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 dan 2. Teknik pengumpula n data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji st atistik anava 2 jalan. Hasil dari penelitian yang dilakukan di kelas XI SM A Negeri 1 Simo menyimpulkan bahwa : 1) terdapat pengaruh signifika n dalam penerapan metode TGT berbantuan media TTS dan ular tangga pada pembe lajaran materi koloid terhadap prestasi belajar kimia dibuktikan dengan n ilai signifikansi ( p 0 < 0,05) dan selisih nilai kognitif pada kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kelas eksperimen 2, hal ini dikarenakan dalam pembelajara n dengan metode TGT berbantuan media TTS siswa lebih fokus dan teliti d alam menjawab pertanyaannnya yang disesuaikan dengan jumlah kotak kosong yang telah disediakan.; 2) terdapat pengaruh signifikan pada m otivasi belajar siswa pada pembelajaran materi koloid terhadap prestasi belaja r kimia dibuktikan dengan nilai signifikansi ( p 0 < 0,05), karena prestasi belajar siswa dengan mot ivasi belajar tinggi > motivasi belajar sedang > motivasi belajar rendah; 3) tidak ada interaksi antara penerapan metode TGT yang berbantu an media TTS dan ular tangga dengan motivasi belajar siswa pada pembelaja ran materi koloid terhadap prestasi belajar kimia dibuktikan dengan nilai sign ifikansi ( p 0,093 > 0,05) dan dikarenakan siswa yang memiliki motivasi belajar ti nggi prestasi belajarnya tidak secara signifikan dipengaruhi oleh media baik perma inan TTS maupun ular tangga. Kata Kunci : TGT, TTS, Ular Tangga, Motivasi Belajar, Materi Kol oid

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 04 Oct 2015 20:03
    Last Modified: 04 Oct 2015 20:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20507

    Actions (login required)

    View Item