PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI LIMBAH DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE MAKE A MATCH DAN CARD SORT SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

AINI, NURUL (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI LIMBAH DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE MAKE A MATCH DAN CARD SORT SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (5Mb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Nurul Aini. K4309093. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI LIMBAH DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE MAKE A MATCH DAN CARD SORT SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Mare t Surakarta. Jul i . 2013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar biologi pada strategi pembelajaran aktif tipe Make a Match dan Card Sort Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini terma suk dalam penelitian eksperimen semu ( Quasy experiment) . Desain penelitian adalah Post - Test Only with Nonequivalent Group dengan menggunakan kelas eksperimen 1 (penerapan strategi pembelajaran aktif tipe M ake a M atch ) dan kelas eksperimen 2 (penerapan stra tegi pembelajaran aktif tipe Card Sort ). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 297 siswa . Teknik pengambilan sampel dengan cluster sampling dan diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen 1 adalah kelas X 3 terdiri dari 29 siswa dan sebagai kelas eksperimen 2 adalah kelas X 4 terdiri dari 30 siswa . Teknik pengumpulan data mengg unakan tes pilihan ganda , lembar observasi, dan dokumen sekolah. Uji hipotesis menggunakan uji - t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar strategi pembelajaran aktif tipe Make a Match pada ranah kognitif memiliki rata - rata 67,37, ranah psikomotori k memiliki rata - rata 81,46 , dan ranah afektif memiliki rata - rata 77,58. S edangkan strategi pembelajaran aktif tipe Card Sort pada ranah kognitif memiliki rata - rata 63,42, ranah psikomotorik memiliki rata - rata 73,92, dan ranah afektif memiliki rata - rata 78 ,53 . P engambilan keputusan hipotesis adalah tingkat signifikasi ( ): 0,05 . H 0 ditolak jika signifikasi probabilitas ( sig ) < ) dan sebaliknya jika signifikasi probabilitas ( sig ) > 0,05 maka hipotesis nihil diterima. pada ranah kognitif menunjukkan 0,039 < 0,05, pada ranah psikomotorik menunjukkan 0,049 < 0,05, dan pada ranah afekti f menunjukkan 0,69 > 0,05. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi pada ranah kognitif dan ranah psikomotorik dari penerapan stra tegi pembelajaran aktif tipe Make a Match dan pembelajaran strategi pembelajaran aktif tipe Card Sort siswa k elas X SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 . Kata kunci : Strategi Pembelajaran aktif tipe Make a Match , Strategi pembelajaran aktif tipe Card Sort , Hasil belajar Biologi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 04 Oct 2015 19:58
    Last Modified: 04 Oct 2015 19:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20506

    Actions (login required)

    View Item