ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENUMBUHKAN RETENSI NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi Pada Bank Muamalat Cabang Surakarta)

MUDIN, MALIKI ALI (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENUMBUHKAN RETENSI NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi Pada Bank Muamalat Cabang Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (342Kb) | Preview

    Abstract

    Bank Muamalat merupakan salah satu lembaga keuangan di Indonesia yang melayani jasa keuangan dengan prinsip syariah. Bank Indonesia mencatat bahwa pertumbuhan pembiayaan Bank Muamalat pada semester pertama tahun 2014 sebesar 46,3%. Untuk dapat meningkatkan pertumbuhan laba, penting bagi Bank Muamalat untuk memahami perilaku nasabah guna merekrut nasabah baru, mempertahankan nasabah yang telah di raih, serta meningkatkan retensi nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian tentang keperilakuan konsumen, dengan fokus pada faktor-faktor yang dapat menumbuhkan retensi nasabah Bank Muamalat. Lima variabel digunakan dalam penelitian ini, yaitu kualitas pelayanan, harga, serta kemudahan akses sebagai variabel independen, kepuasan sebagai variabel pemediasi, serta retensi nasabah sebagai variabel dependen. Sampel diambil sebanyak 200 nasabah, dengan teknik purposive sampling menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh diuji dengan alat uji statistik Generalized Structured Component Analysis (GesCA). Hasil pengujian menunjukan bahwa kualitas pelayanan, harga, serta kemudahan akses berpengaruh positif pada kepuasan, dan kepuasan berpengaruh positif pada retensi nasabah. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Kemudahan Akses, Kepuasan, Retensi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 04 Oct 2015 12:49
    Last Modified: 04 Oct 2015 12:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20495

    Actions (login required)

    View Item