SIMULASI PENGGUNAAN LAHAN UNTUK PENGURANGAN INDEKS PENGGUNAAN AIR DI SUB DAS CACABAN KECAMATAN KARANGGAYAM KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2013 (Implementasi untuk Suplemen Bahan Ajar pada Kompetensi Dasar Menganalisis Hubungan Antara Manusia dengan Lingkungan Sebagai Akibat dari Dinamika Hidrosfer Kelas X Semester 2)

Pramono, Fajar (2014) SIMULASI PENGGUNAAN LAHAN UNTUK PENGURANGAN INDEKS PENGGUNAAN AIR DI SUB DAS CACABAN KECAMATAN KARANGGAYAM KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2013 (Implementasi untuk Suplemen Bahan Ajar pada Kompetensi Dasar Menganalisis Hubungan Antara Manusia dengan Lingkungan Sebagai Akibat dari Dinamika Hidrosfer Kelas X Semester 2). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (180Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui pengaruh dinamika penggunaan lahan terhadap indeks penggunaan air di Sub DAS Cacaban Tahun 2001 dan 2013, (2) Mengetahui simulasi penggunaan lahan untuk pengurangan indeks penggunaan air sesuai dengan fungsi kawasan di Sub DAS Cacaban, (3) Mengetahui implementasi hasil simulasi penggunaan lahan untuk pengurangan indeks penggunaan air di Sub DAS Cacaban Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen tahun 2013 sebagai suplemen bahan ajar pada kompetensi dasar menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfer kelas x semester 2. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan gabungan (kuantitatif-kualitatif), dan dirancang menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah satuan lahan di Sub DAS Cacaban. Teknik pengambilan sampel adalah proportional sampling dan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan uji laboratorium. Teknik analisis data untuk mengetahui Indeks Penggunaan Air (IPA) dilakukan dengan cara membandingkan ketersediaan air berdasarkan metode Neraca Air Thornwaite-Mather dan kebutuhan air berdasarkan pemodelan Murtiono, kemudian dilakukan simulasi perubahan penggunaan lahan berdasarkan fuingsi kawasan untuk pengurangan nilai IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sub DAS Cacaban, terjadi perubahan penggunaan lahan yang cukup tinggi selama kurun waktu 12 tahun dari tahun 2001 sampai 2013 terutama di penggunaan lahan tegalan dan kebun, Indeks Penggunaan Air (IPA) di Sub DAS Cacaban tahun 2001 sebesar 0,87 dan pada tahun 2013 sebesar 1,02. Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Rehabilitasi Lahan Dan Perhutanan Sosial Tentang Pedoman Monitoring Dan Evaluasi Daerah Aliran Sungai Nomor 4 Tahun 2009 IPA Sub DAS Cacaban tahun 2001 masuk klasifikasi sedang dengan rentang nilai 0,5-1, dan IPA tahun 2013 masuk klasifikasi buruk yaitu lebih dari 1. (2) Penerapan simulasi arahan penggunaan lahan mampu menurunkan kebutuhan air, terjadi penurunan kebutuhan air selama satu tahun sebesar -1039661,9 m3/tahun. Sehingga dengan menerapkan kebutuhan air setelah simulasi dapat menurunkan Nilai IPA sebesar 0,34 (dari 1,02 menjadi 0.68), dan masuk pada kategori IPA sedang. (3) implementasi hasil penelitian simulasi penggunaan lahan untuk pengurangan indeks penggunaan air di Sub DAS Cacaban Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen tahun 2013 sebagai suplemen bahan ajar pembelajaran Geografi pada kompetensi dasar menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfer kelas x semester 2. . Kata Kunci : Indeks Penggunaan air,Ketersediaan Air, Kebutuhan Air, Neraca Air, Thornwaite-Matter, Simulasi Penggunaan Lahan, Pembelajaran Geografi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 04 Oct 2015 10:57
    Last Modified: 04 Oct 2015 10:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20483

    Actions (login required)

    View Item