PERILAKU SEKSUAL KOMUNITAS GAY KAITANNYA DENGAN HIV/AIDS (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunitas Gay Di Kota Surakarta)

Winarsih, (2014) PERILAKU SEKSUAL KOMUNITAS GAY KAITANNYA DENGAN HIV/AIDS (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunitas Gay Di Kota Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (833Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama, pengetahuan komunitas gay mengenai HIV/AIDS. Kedua, sikap komunitas gay terhadap kerentanan HIV/AIDS. Ketiga, perilaku seksual komunitas gay untuk mencegah dan menanggulangi HIV/AIDS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengambilan cuplikan menggunakan purposive sampling, terdiri dari anggota komunitas gay di Kota Surakarta, pasangan dari anggota komunitas gay, LSM peduli komunitas gay yang ada di Kota Surakarta dan LSM peduli HIV/AIDS yang ada di Kota Surakarta. Adapun teknik pengumpulan data ada 3 yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data menggunakan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama komunitas gay di Kota Surakarta sudah cukup memiliki pengetahuan tentang HIV/AIDS dan bahayanya. Kedua, komunitas gay di Kota Surakarta sudah dapat menyikapi secara positif mengenai kerentanan mereka terhadap HIV/AIDS dengan menggunakan kondom, bersedia melakukan cek kesehatan dan selektif dalam memilih pasangan. Ketiga, perilaku seksual komunitas gay di Kota Surakarta yang biasa dilakukan antara lain oral seks, masturbasi, foreplay dan anal seks selain itu mereka juga selalu melakukan pengontrolan intensitas aktivitas seks, menjaga kebersihan saat melakukan aktivitas seks, serta menjaga kesehatan baik diri sendiri maupun kondisi kesehatan pasangan. Simpulan penelitian ini adalah pada dasarnya perilaku seksual yang dilakukan oleh komunitas gay di Kota Surakarta masih memiliki resiko yang sama besarnya dengan kelompok beresiko seks yang lain. Konsistensi perilaku seksual komunitas gay sudah dianggap aman. Hal ini setidaknya bisa menjadi cara untuk menekan laju penyebaran virus HIV/AIDS pada komunitas gay di Kota Surakarta. Kata kunci : Sikap, Perilaku Seksual, Gay, HIV/AIDS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 04 Oct 2015 10:00
    Last Modified: 04 Oct 2015 10:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20465

    Actions (login required)

    View Item