EKSPERIMENTASIMODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADAMATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN PURWOREJO

Wijayanto, Zainnur (2014) EKSPERIMENTASIMODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADAMATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN PURWOREJO. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (124Kb) | Preview

    Abstract

    Zainnur Wijayanto. S851302082. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Open-Ended pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Purworejo.Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Budiyono, M.Sc., Pembimbing II: Dr. Imam Sujadi, M.Si. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik diantara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan open-ended, model pembelajaran kooperatif TPS, atau pembelajaran langsung, 2) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik, siswa dengan disposisi matematis tinggi, sedang, atau rendah, 3) pada masing-masing kategori disposisi matematis, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik diantara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan open-ended, model pembelajaran TPS, atau pembelajaran langsung, 4) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik, siswa dengan disposisi matematis tinggi, sedang, atau rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Purworejo. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Stratified Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 285 siswa dengan rincian 96 siswa pada kelas eksperimen satu, 95 siswa pada kelas eksperimen dua, dan 94 siswa pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika dan angket disposisi matematis siswa. Ujicoba instrumen tes prestasi meliputi validitas isi tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas sedangkan ujicoba instrumen angket meliputi validitas isi, konsistensi internal, dan reliabilitas. Uji normalitas populasi menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas variansi populasi menggunakan uji Bartlett. Uji keseimbangan mengunakan analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama dan pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa: 1) model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan open-ended memberikan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif TPS dan pembelajaran langsung sedangkan model pembelajaran kooperatif TPS memberikan prestasi belajar yang sama baiknya dengan pembelajaran langsung, 2) siswa dengan disposisi matematis tinggi mempunyai prestasi belajar lebih baik dibandingkan siswa dengan disposisi matematis sedang dan rendah, dan siswa dengan disposisi matematis sedang mempunyai prestasi belajar lebih baik dibandingkan siswa dengan disposisi matematis rendah, 3) Pada masing-masing disposisi matematis siswa (tinggi, sedang dan rendah) antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan open-ended, model pembelajaran kooperatif TPS, dan model xvii pembelajaran langsung memberikan prestasi belajar matematika yang sama, 4) pada model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan open-ended dan model pembelajaran kooperatif TPS, siswa dengan disposisi matematis tinggi mempunyai prestasi belajar lebih baik dibandingkan siswa dengan disposisi matematis sedang maupun rendah, siswa dengan disposisi matematis sedang mempunyai prestasi belajar lebih baik dibandingkan siswa dengan disposisi matematis rendah. Pada model pembelajaran langsung, siswa dengan disposisi matematis tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan siswa dengan disposisi matematis sedang dan rendah, siswa dengan disposisi matematis sedang dan rendah mempunyai prestasi belajar yang sama. Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Pendekatan Open-Ended, Pembelajaran Langsung, Disposisi Matematis, Prestasi Belajar Matematika.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 04 Oct 2015 01:42
    Last Modified: 04 Oct 2015 01:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20451

    Actions (login required)

    View Item