PROFIL PRAKONSEPSI SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA

Handayani, Ratih Astuti (2014) PROFIL PRAKONSEPSI SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (891Kb) | Preview

    Abstract

    Ratih Astuti Handayani. PROFIL PRAKONSEPSI SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan profil prakonsepsi yang dimiliki siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenar Sragen pada materi Cahaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenar Sragen. Sampel dalam penelitian sejumlah 96 siswa dari 201 siswa. Pemilihan subjek penelitian dengan teknik cluster - random sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, dan teknik wawancara. Tes yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan ganda dengan alasan tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Dari hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa profil prakonsepsi yang dimiliki oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenar Sragen sebagai berikut: 1) prosentase rata-rata tertinggi prakonsepsi benar pada konsep cahaya dan penglihatan yaitu pada penelitian pertama sebanyak 59.72 % sedangkan penelitian kedua sebanyak 44.28 %; 2) prosentase rata-rata prakonsepsi berlabel miskonsepsi tertinggi penelitian pertama pada konsep warna dan cahaya yaitu sebesar 52.09 % sedangkan pada penelitian pada konsep rambatan cahaya yaitu 55.73 % berlabel miskonsepsi; 3) Prosentase rata-rata prakonsepsi salah tertinggi pada konsep bayang-bayang dan bayangan pada penelitian pertama yaitu sebesar 40.62 % sedangkan penelitian kedua sebesar 43.05 %; 4) Rata-rata prakonsepsi bersifat miskonsepsi yang lebih dari 43 % pada konsep rambatan cahaya serta warna dan cahaya adalah sebagai berikut : (a) benda terlihat berwarna merah karena semua warna cahaya yang mengenai benda terserap sedangkan warna merah tertinggal di benda; (b) warna matahari berwarna kuning; (c) cahaya selalu merambat lurus pada semua medium; (d) rambatan cahaya dapat dilihat mata karena cahaya bisa melewati celah genting; (e) cahaya dari sebuah sumber pada siang hari akan tetap tinggal pada sumber. Kata kunci: Metode deskriptif, Prakonsepsi, Miskonsepsi, Cahaya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 04 Oct 2015 01:10
    Last Modified: 04 Oct 2015 01:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20445

    Actions (login required)

    View Item