HUBUNGAN SOSIALISASI PAJAK DENGAN KESADARAN MEMBAYAR PAJAK (Studi Pada Pajak Penghasilan Orang Pribadi Non Pegawai Di Kelurahan Jebres Kota Surakarta)

Luthfi, Zaky Farid (2014) HUBUNGAN SOSIALISASI PAJAK DENGAN KESADARAN MEMBAYAR PAJAK (Studi Pada Pajak Penghasilan Orang Pribadi Non Pegawai Di Kelurahan Jebres Kota Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (86Kb) | Preview

    Abstract

    Zaky Farid Luthfi. HUBUNGAN SOSIALISASI PAJAK DENGAN KESADARAN MEMBAYAR PAJAK (Studi Pada Pajak Penghasilan Orang Pribadi Non Pegawai Di Kelurahan Jebres Kota Surakarta) Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.Maret 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan positif yangsignifikan antara sosialisasi pajak dengan kesadaran membayar pajak penghasilan non pegawai di kelurahan Jebres kota Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi diambil berdasarkan jumlah kepala keluarga di kelurahan jebres yang mempunyai mata pencaharian non pegawai. Jumlah kepala keluarga di kelurahan Jebres yaitu 9480 kepala keluarga. Sampel diambil berdasarkan rumus yang dikembangkan Issac dan Michele dengan tingkat kesalahan 5% sehingga didapat 335 kepala keluarga sebagai sampelnya. Teknik pengumpulan data untuk variabel sosialisasi pajak (X) dan kesadaran membayar pajak (Y) menggunakan angket tertutup dengan 5 pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis koefisien korelasi Product Moment dari Pearson. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada hubungan positif yang signifikan antara sosialisasi pajak dengan kesadaran membayar pajak studi pada pajak penghasilan orang pribadi non pegawai di kelurahan Jebres Kota Surakarta. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis data yaitu diperoleh nilai rxy = 0.877 dan pada taraf signifikansi 5% maka diperoleh rtabel = 0,098, karena rhitung > rtabel yaitu 0,877 > 0,098, maka Ha diterima dan H0 ditolak berarti menunjukkan ada hubungan positif antara Variabel X dengan Variabel Y. Sedangkan harga thitung = 33,34 Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan nilai ttabel maka diperoleh ttabel sebesar 1,980. Karena thitung > ttabel yaitu 33,34> 1,980, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak berarti variabel X Signifikan terhadap variabel Y. Berdasarkan keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara sosialisasi pajak dengan kesadaran membayar pajak studi pada pajak penghasilan orang pribadi non pegawai di kelurahan Jebres Kota Surakarta. Kata kunci : Hubungan, Sosialisasi, Kesadaran, Pajak

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 04 Oct 2015 01:06
    Last Modified: 04 Oct 2015 01:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20444

    Actions (login required)

    View Item