ANALISIS PENGELOLAAN LABORATORIUM PRODUKTIF AKUNTANSI (BANK UNIT PRODUKSI) SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN SISWA AKUNTANSI PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI SE-SURAKARTA

Kumalasinta, Rani (2014) ANALISIS PENGELOLAAN LABORATORIUM PRODUKTIF AKUNTANSI (BANK UNIT PRODUKSI) SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN SISWA AKUNTANSI PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI SE-SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (110Kb) | Preview

    Abstract

    Rani Kumalasinta. ANALISIS PENGELOLAAN LABORATORIUM PRODUKTIF AKUNTANSI (BANK UNIT PRODUKSI) SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN SISWA AKUNTANSI PADA SMK NEGERI SE-SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2014. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana di laboratorium unit produksi menurut Peraturan Menteri No. 40 tahun 2008, rendahnya pengelolaan laboratorium unit produksi, pelaksanaan kegiatan praktik di laboratorium unit produksi yang kurang optimal, munculnya kendala dan upaya dalam pelaksanaan pengelolaan laboratorium unit produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ketersediaan sarana dan prasarana di laboratorium unit produksi menurut Peraturan Menteri No. 40 tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/ MAK), (2) pengelolaan laboratorium Unit produksi, (3) pelaksanaan kegiatan praktik di laboratorium unit produksi, (4) kendala-kendala yang dihadapi sekolah dalam mengelola laboratorium unit produksi, (5) upaya sekolah dalam mengatasi kendala yang muncul dalam mengelola laboratorium unit produksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, objek penelitian adalah seluruh SMK Negeri Se-Surakarta Bidang Bisnis Manajemen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sempel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Uji validitas data dalam penelitian ini melalui triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat ketersediaan sarana dan prasarana di laboratorium unit produksi sebagai sarana pembelajaran siswa akuntansi pada SMK Negeri Se-Surakarta dikategorikan baik dan tidak menyimpang dari Peraturan Menteri No. 40 tahun 2008, dengan rata-rata tingkat persentase 72,92% dan rata-rata skor 3,64. (2) tingkat pengelolaan laboratorium unit produksi sebagai sarana pembelajaran siswa akuntansi pada SMK Negeri Se-Surakarta mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan dan evaluasi, dikategorikan baik dengan rata-rata tingkat persentase 80,57% dan rata-rata skor 4,03. (3) pelaksanaan kegiatan praktik di laboratorium unit produksi sebagai sarana pembelajaran siswa akuntansi pada SMK Negeri Se-Surakarta dikategorikan baik dengan rata-rata tingkat persentase 83,53% dan rata-rata skor 4,17. (4) kendala yang muncul yaitu masih terdapat sekolah yang sarana prasarana belum sesuai standar, belum terdapat software, terbatasnya waktu pengelolaan, belum adanya karyawan khusus, kurangnya ketelitian siswa saat praktik. (5) upaya yang dilakukan adalah berusaha meningkatkan sarana dan prasarana, menggunakan Microsoft Excel, membuat jadwal piket guru akuntansi untuk memantau siswa saat praktik, pembimbing praktik memberikan masukan kepada siswa agar lebih teliti. Kata kunci: pengelolaan laboratorium, laboratorium akuntansi, pembelajaran praktik akuntansi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 03 Oct 2015 23:52
    Last Modified: 03 Oct 2015 23:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20433

    Actions (login required)

    View Item