PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU DAN FASILITAS LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN PESERTA DIDIK PADA MATA DIKLAT MENANGANI PENGGANDAAN DOKUMEN KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK WIKARYA KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014

JABBAR, M. ABDUL (2014) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU DAN FASILITAS LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN PESERTA DIDIK PADA MATA DIKLAT MENANGANI PENGGANDAAN DOKUMEN KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK WIKARYA KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (636Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh: (1) kompetensi pedagogis guru terhadap keterampilan peserta didik pada mata pelajaran Menangani Penggandaan Dokumen kelas XI di SMK WIKARYA Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014; (2) fasilitas laboratorium terhadap Keterampilan peserta didik pada mata pelajaran Menangani Penggandaan Dokumen kelas XI di SMK WIKARYA Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014; (3) kompetensi pedagogis guru dan fasilitas laboratorium secara bersama-sama terhadap keterampilan peserta didik disekolah pada mata pelajaran Menangani Penggandaan Dokumen kelas XI di SMK WIKARYA Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMK WIKARYA Karanganyar kelas XI sejumlah 96 dengan sampel sebanyak 54 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan metode angket dan dokumentasi nilai aspek psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh kompetensi pedagogis guru terhadap keterampilan peserta didik pada mata pelajaran Menangani Penggandaan Dokumen kelas XI kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK WIKARYA Karanganyar tahun ajaran 2013/2014, hal ini ditunjukkan dengan thitung>ttabel atau 3.891>2.007; (2) ada pengaruh fasilitas laboratorium terhadap keterampilan peserta didik pada mata pelajaran Menangani Penggandaan Dokumen kelas XI kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK WIKARYA Karanganyar, hal ini ditunjukkan dengan thitung > ttabel atau 4.600>2.007; (3) ada pengaruh kompetensi pedagogis guru dan fasilitas laboratorium secara bersama-sama terhadap keterampilan peserta didik pada mata pelajaran Menangani Penggandaan Dokumen kelas XI kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK WIKARYA Karanganyar tahun ajaran 2013/2014 dengan Fhitung>Ftabel atau 46,059>3,178. Dalam penelitian ini dilaporkan bahwa persamaan regresi linier Ŷ=5.008 + 0. 038 X1 + 0. 050 X2. Hal ini berarti rata-rata keterampilan peserta didik (Y) meningkat atau menurun sebesar 0,038 untuk setiap peningkatan atau penurunan satu unit kompetensi pedagogis guru (X1) dan meningkat atau menurun sebesar 0,050 untuk setiap peningkatan atau penurunan satu unit fasilitas laboratorium (X2). Besarnya sumbangan yang diberikan masing-masing variabel adalah : (1) sumbangan relative sebesar 44,5% dan sumbangan efektif sebesar 28,66% untuk variabel kompetensi pedagogis guru (X1) terhadap keterampilan peserta didik (Y); (2) sumbangan relative sebesar 55,49% dan sumbangan efektif sebesar 35,74% untuk variabel fasilitas laboratorium (X2) terhadap keterampilan peserta didik (Y). Kata kunci : kompetensi pedagogis guru, fasilitas laboratorium, keterampilan peserta didik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 03 Oct 2015 22:21
    Last Modified: 03 Oct 2015 22:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20422

    Actions (login required)

    View Item